Besok Gerakan Sadar Wisata Dilakukan di Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Gerakan Sadar Wisata yang secara nasional digemborkan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata turut melibatkan pariwisata yang berada di daerah. Besok, Gerakan Sadar Wisata akan dilakukan di Kabupaten Tuban, Jum'at (19/8/2016).

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), saat ini tengah mempersiapkan diri guna mendukung program tersebut. Gerakan Sadar Wisata sendiri disebutkan sebagai salah satu media mengkampanyekan sadar berwisata dan meningkatkan kepedulian dukungan serta partisipasi masyarakat.

"Saat ini saya tengah berkoordinasi dengan Kepala Unit Plaksana Teknis (KaUPT) Tempat Rekreasi di Pantai Boom," kata Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Manusia (SDM) dan Peran Serta Masyarakat (PSM), Obro Nurnaningtyas, Kamis (18/8/2016).

Sebab itu, target PAD untuk retribusi tempat rekreasi dan olahraga cukup tinggi. Data yang dihimpun blokTuban.com menyebut, target tempat rekreasi dari dinas terkait yakni pada tahun 2014 hingga 2016 mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Seperti diketahui, sektor pariwisata merupakan salah satu unggulan dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah, guna keberlangsungan pembangunan. Selain itu, pengembangan usaha dan penyerapan tenaga kerja tidak terlepas dari sektor pariwisata tersebut. [dwi/rom]