Forsa: Rhoma Irama Punya Historis di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Fans Of Rhoma Irama And Soneta (Forsa) merupakan salah satu organisasi fans yang mengidolakan sekaligus mendukung H.Rhoma Irama dan Soneta. Fans yang di deklarasikan sejak tahun 2013 ini telah memiliki ratusan bahkan hingga ribuan anggota yang tersebar di Nusantara.

Tujuan sekaligus dasar pendirian Forsa yakni: Untuk mendukung Rhoma Irama dan Soneta dalam pentas maupun dakwah, melestarikan karya Rhoma Irama dan Soneta serta mengembangkan pada pendidikan anak-anak muda, membantu Rhoma Irama dan Soneta memerangi pembajakkan, mengamalkan ajaran agama yang banyak dikupas dalam lirik lagu Rhoma Irama.

"Kami memberikan dukungan yang kuat kepada Rhoma Irama dan Soneta dalam Beramar Ma'ruf Nahi Munkar, seperti apa yang disampaikan dalam setiap lirik lagu karyanya yang diambil dari Alquran dan Hadits," terang Ketua Forsa Kabupaten Tuban M. Khoiruddin Naja.

Beberapa aktifitas atau event yang menjadi agenda rutin tahunan Forsa Kabupaten Tuban diantaranya santunan untuk anak yatim, event tahunan Ramadan (Ngabuburit dan buka bersama sekaligus bagi-bagi ta'jil, dan pengajian atau dakwah untuk umum).

"Setiap kali membuat event, Forsa di Kabupaten Tuban pasti melibatkan masyarakat Umum," tambahnya.

Selain itu saat Bang Haji Rhoma Irama pentas, khususnya di Jawa Timur, Forsa Tuban juga menyemppatkan datang ke sana, seperti halnya di Kabupaten Gresik, Surabaya, Malang dll. Naja mengaku, hal yang terkesan selama ia gabung dalam Forsa ini, ia juga bisa berjumpa langsung dan berjabat tangan dengan Bang Haji Rhoma Irama dan saat berjumpa tersebut ia juga terkesaan saat idolanya tersebut menjadi imam saat salat berjamaah.

Menurut Naja, di samping itu di Kabupaten Tuban mempunyai kisah histotis tentang perjalanan Bang Haji Rhoma Irama sebutan akrabnya yang pernah membuat film di kawasan Hutan Krawak, Kecamatan Guwoterus, Kabupaten Tuban berjudul 'Sebuah Pengorbanan'.

Forsa juga merupakan fans yang mencintai budaya asli Indonesia dan harapan dari Forsa Tuban, agar para seniman-seniman yang ada di Bumi Wali sebutan Kota Tuban ini semakin kreatif, baik dalam menciptakan lagu, maupun saat pentas dan selalu menjaga keharmonisan sesama
anggota fans.

"Harapan saya semoga Forsa ini semakin kokoh dalam menjalin kebersamaan dan menjalankan visi misi bersama," pungkas Ketua Forsa Tuban. [hud/col]