Sedekah Bumi, Sendang Gede Waleran Bertabur Makanan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban menggelar sedekah Bumi di sebuah sendang yang dikenal dengan Sendang Gede. Sedekah bumi yang rutin dilakukan setiap tahun itu diikuti ratusan warga dengan membawa tiga hingga lima keropak berisikan makanan. Tak ayal, sekeliling sendang bertabur makanan.

Kepala Desa Waleran Ramidi mengatakan sedekah bumi ini merupakan salah
satu cara untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah dengan membawa makanan bukti rasa syukur sekaligus shodaqoh karena hasil panen yang melimpah.

"Setelah dibawa di sendang gede dan didoakan, lalu aneka makanan tersebut dibagikan kepada warga yang hadir," ungkap Kades Waleran kepada blokTuban.com.

Selain itu, Kades menambahkan sedekah dilaksanakan di Sendang Gede karena merupakan sendang yang airnya masih dipergunakan sampai saat ini. Mulai dari mandi, mencuci, dan sumber yang lain untuk digunakan minum."Sebelum ada HIPAM, warga desa ambil air di sendang ini," sambung Kades.

Salah satu warga Darsih (40) mengatakan partisipasi warga sangat besar, dapat dilihat mulai tadi ratusan warga sudah berdatangan dengan membawa makanan. "Itu merupakan wujud syukur masyarakat setiap tahun," kata Darsih.[hud/col]