Dishub Jamin Jalur Mudik di Tuban Lancar

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban menjamin jalur Pantura di Kabupaten Tuban dalam kondisi siap dilewati pemudik. Sehingga arus mudik dan arus balik yang melewati Tuban diperkirakan bisa berlangsung dengan lancar.

Kepala Dishub Tuban, Paraith A Tulis, mengatakan kondisi jalan-jalan di Tuban cukup bagus, baik itu akses jalan Pantura ataupun jalan alternatif. Saat ini, tidak ada proyek perbaikan jalan ataupun jembatan yang berpotensi mengganggu kelancaran arus mudik.

Potensi kemacetan di jalur mudik hanya ada di pasar tumpah Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, yang berada tepat di pinggir jalur Pantura dan juga aktivitas pasar di Desa Karangagung, Kecamatan, Palang, yang berada di pinggir jalur Deandles, atau jalur alternatif menuju ke Surabaya melalui utara Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik.

"Meski begitu pemudik harus tetap berhati-hati dengan memperhatikan rambu-rambu yang sudah dipasang petugas," jelas Paraith, Jumat (1/7/2016).

Selain itu, angkutan umum yang melintas di Kabupaten Tuban juga sudah diatur. Semua bus yang mempunyai trayek Tuban, harus masuk ke terminal Kambang Putih di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Kecuali bus umum yang daftar trayeknya tidak tertulis di Kabupaten Tuban.

"Ada 30 petugas Dishub yang akan berjaga di jalur Pantura dan bergabung dengan petugas kepolisian," tandasnya. [pur/fah]