Kali Kening Meluber, Sawah dan Jalan Antardesa Terendam

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Banjir yang melanda kawasan Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Bangilan menyebabkan Kali Kening yang melintasi sebagian banyak desa di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban meluber, Minggu (19/6/2016).

Akibat melubernya Kali Kening tersebut beberapa hektare lahan pertanian terendam dan jalan antar dusun yang berada di dua desa yakni Dusun Sugihan, Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan dan Dusun Cemoro, Desa Mergoasri, Kecamatan Parengan tergenang kurang lebih 30 centimeter.

Sehingga pengguna jalan yang ingin menerobos harus ekstra hati-hati, selain itu tidak sedikit pengguna jalan yang nekat menerobos dan mesin motornya harus mati di tenggah-tengah genangan air.

Salah satu warga sekitar Riyanto (38) mengatakan di kawasan Kecamatan Parengan tadi malam juga diguyur hujan, namun melubernya air di Kali Kening ini merupakan air kiriman dari kecamatan lain.

"Tadi malam kawasan Parengan juga hujan, namun volume air di Kali Kening ini merupakan kiriman dari Kecamatan Jatirogo dan sekitarnya," terang Riyanto kepada blokTuban.com.

Warga lain Sidik menambahkan, melubernya air Kali Kening ini terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Sebelumnya saat waktu sahur, Kali Kening masih mampu menampung volume air. "Datangnya air saya tahu mulai pukul 05.00," tambah Sidik.

Diketahui melubernya Kali Kening ini tidak sampai masuk rumah warga di dua desa tersebut, namun beberapa hektare lahan pertanian yang ditanami jagung yang berada di dekat kali tergenang air. [hud/lis]