Panen Kacang Tanah di Montong, Harga Tembus 6000

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim panen raya tanaman kacang tanah yang merupakan tanaman pokok diladang tadah hujan, tahap kedua petani di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban disambut dengan harga yang lumayan baik, Sabtu (28/5/2016).

Pasalnya panen raya tahun ini, harga kacang tanah milik petani tembus hingga Rp6000 perkilogram, dan bagi para petani harga tersebut terbilang cukup baik, dan seimbang dengan tenaga ataupun biaya pembelian bibit, perawatan hingga panen

Meskipun panen raya kacang tanah ini sudah berlangsung sejak beberapa minggu yang lalu, namun belum ada perubahan harga yang signifikan antara perubahan merangkak naik atau merangkak turun.

"Dengan harga Rp6000 perkilogram seimbanglah dengan biaya perawatan, dan saya sendiri merasa untung dengan harga tersebut," ujar salah satu petani di Desa Talun Udin (50) kepada blokTuban.com.

Tambah Udin, namun para tengkulak saat melihat dari kwalitas kacang para petani, tengkulak memberikan potongan antara 10 sampai 12 kilogram perkarungnya, yang kurang lebih mempunyai berat 70 kilogram tersebut."Untuk setiap potongan berbeda-beda antara 10 sampai 12 kilogram tergantung tanah yang berada dikacang," sambung Udin.

Petani lain, Aton (45) mengaku untuk menjual dengan harga yang terpaut hanya Rp100 saja terkadang para petani yang memanen kacang tanah menjualnya hingga sampai diluar Kecamatan,"meskipun terpaut sedikit namun ada juga petani yang menjualnya keluar kecamatan," tambah Aton.[hud/ito]