Sedekah Bumi Banyubang, Diawali di Punden

Reporter: Khoirul Huda

bloktuban.com - Ratusan warga Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban gelar Sedekah Bumi yang jatuh pada hari Rabu (25/5/2016).

Setiap tahunya sedekah bumi di Desa Banyubang diselenggarakan setiap tahun ditempat titik diantaranya punden (Watu Celeng), sumur tua (Sumur Jaran), dan Sendang atas dan sendang bawah Desa Banyubang.

Dipunden (Watu Celeng) merupakan acara yang awal yang dilakukan mulai tadi malam suntuk, yakni sebelum diselenggarakanya tumpengan (Bancakkan) disumur tua dan disendang.

"Kalau yang dipunden ramainya sudah tadi malam," ungkap Ketua Karang Taruna Desa Banyubang Gholib kepada blokTuban.com.

Modin Desa setempat Yusup menambahkan, Hal ini dikarenakan punden watu celeng tersebut merupakan tempat singgah buyud dari warga Desa Banyubang, yakni Mbah Shodiqo dan Mbah Baqir, sehingga sudah sejak dulu diwatu celeng ini dilakukan bancakkan dan do'a bersama yang paling awal.

"Awalmula nama Banyubang juga berasal dari punden tersebut yang dahulu kala ada sumber mata air yang berwarna merah," tambah Yusup.

Setelah dari batu celeng barulah terlaksana sedekah bumi dan doa bersama di sumur tua, disendang atas dan sendang bawah Desa Banyubang.[hud/ito]