Produksi Padi tembus 62 Kuintal per Hektar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Produksi tanaman padi di Kabupaten Tuban cukup menggairahkan setiap kali panennya, meskipun terkendala masalah irigasi. Bahkan disetiap tahunnya capaian panen yang diperoleh untuk per hektarnya menembus angka puluhan kuintal.

Kabid tanaman pangan dan holtikultura Dinas Pertanian kabupaten Tuban, Suparno menyatakan, untuk produksi tanaman padi di Kabupaten Tuban ini sangat baik meskipun ada kendala. Setiap hektarnya panen padi mencapai hasil yang memuaskan.

"Panen menembus 62 kuintal untuk per hektarnya," kata Suparno kepada blokTuban.com, Rabu (25/5/16)

Dia menjelaskan, hitungan panen tersebut berlaku untuk sekali musim, jadi ya setiap tahunnya tinggal diakumulasikan. Tahun 2015 luas tanam padi di Tuban mencapai 90 ribu hektar maka bisa dikalikan untuk setiap hektarnya dengan 62 kuintal.

Suparno juga memambahkan, agar produksi padi semakin membaik maka selanjutnya akan dilakukan perbaikan sarana, akan dibuatkan waduk atau embung untuk menunjang hasil produksi padi petani, karena selama ini hal itulah yang menjadi kendala.

"Sudah dalam proses pengerjaan waduk beserta saluran irigasi lainnya agar memudahkan petani mengairi sawahnya, ditargetkan tahun ini sudah selesai pengerjaannya," pungkasnya.[nok/ito]