Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Jalur khusus pendaftaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Tuban bisa melalui hafalan Alquran siswa. Sebelumnya, untuk siswa yang hafal Alquran minimal 3 juz bisa memilih SMP Negeri yang disuka tanpa tes. Sementara untuk tingkat SMA/SMK Negeri bisa masuk pendaftaran tanpa tes dengan hafalan Al-Qur'an minimal 5 juz.

[Baca juga: Siswa Hafal Alquran Bisa Masuk SMPN-SMAN Jalur Khusus ]

Hanya saja, kebijakan jalur khusus itu belum ada untuk siswa non muslim. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban, Sutrisno, mengatakan pihaknya masih mencari solusi yang pas untuk mendapat aturan yang sama. Disdikpora mencari rumusan yang pas, dengan meminta usulan dan masukan dari kalangan non muslim itu sendiri.

"Belum ada (aturan jalur khusus yang sama) untuk non muslim bukan karena adanya diskriminasi, tetapi kita masih mencari solusi dan masukan terbaik bagi siswa non muslim," jelas Sutrisno melalui ponselnya, Selasa (24/5/2016).

Pendaftaran sekolah pilihan dengan jalur khusus tidak hanya bagi siswa penghafal Alquran, tetapi juga bisa melalui prestasi akademik dan juga olahraga. Untuk akademik dan olahraga, tentu terbuka bagi siapa pun. Mereka bisa memilih SMP atau SMA/SMK Negeri di Tuban tanpa tes.

Dia menambahkan, Pemkab Tuban berkeinginan melakukan peningkatan kualitas pendidikan. Caranya dengan membentuk karakter siswa melalui tiga pilar, yakni pengawasan keluarga, pemerintah, dan agama atau masyarakat.

Diketahui, penerimaan siswa dengan jalur khusus ini ada di Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Tuban. [pur/col]