Tidak Tepat Sasaran, 25 KIP DiKembalikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinilai tidak tepat sasaran dan data penerima KIP tidak valid Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diterima warga Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban dikembalikan.

Kepala Desa Dagangan Sri Endang Mudawamah mengatakan dari tingkat SMA dan SMK jumlah KIP sebanyak 75, ada 25 KIP yang dikembalikan, hal itu dikarenakan KIP tersebut tidak tepat sasaran.

"Dari jumlah 25 KIP, siswa sudah tidak melanjutkan sekolah bahkan ada juga yang sudah berumah tangga sehingga dikembalikan," terang Kepala Desa (Kades) Dagangan kepada blokTuban.com, Minggu (22/5/2016).

Ia menambahkan, kapan dan siapa yang mendata Sri Endang Mudawamah mengaku tidak tahu. Kemungkinan, menurutnya, data tersebut diambil dari data pada tahun yang lalu sehingga tidak tepat pada sasaran. "Lebih bagusnya apabila pendataan dilakukan langsung di sekolah," imbuhnya.

Diharapkan pendataan itu ada pembenahan ulang dan dievaluasi lagi. Karena apabila tidak segera dilakukan pembenahan kemungkinan besar ketidak sesuaian data tersebut akan terulang tahun-tahun selanjutnya.

"Agar hal ini tidak terulang, kevalidan data bisa dilakukan ulang sehingga KIP tersebut tepat sasaran," tambah Kades.[hud/lis]