Polsek Rengel Panggil Pengamen Hibur Pengantre SIM Keliling

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Antre merupakan pekerjaan menjenuhkan. Termasuk bagi warga di kawasan Kecamatan Rengel yang memanfaatkan Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling. Pelayanan ini dibuat Polsek Rengel dengan kerjasama Satlantas Polres Tuban. Tujuannya, agar masyarakat yang akses ke kota terlalu jauh, bisa terbantu melakukan perpanjangan SIM dengan jarak yang lebih dekat.

Mendapat kesempatan langka, sontak pelayanan SIM yang ada di Polsek Rengel langsung diserbu masyarakat. Mereka rela antre karena waktu pelayanan yang terbatas. Di sela waktu antre mereka disediakan tempat duduk, juga hiburan musik yang memanjakan telinga.

"Kita memang sengaja memberi hiburan musik untuk pengantre SIM, agar tidak terlalu jenuh," jelas Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Musa Bachtiar, kepada blokTuban.com, Selasa (24/5/2016).

Penyaji musik pun bukan artis dengan dandanan menor, tetapi sekadar dua pengamen jalanan. Meski begitu, kualitas musik dan suara dua pengamen itu terlihat cukup menghibur warga.

"Sengaja pengamen kita undang ke sini untuk menghibur, daripada nyanyi dan ngamen di jalan yang bisa mengganggu ketertiban umum," terang Musa.

Salah satu pengantre SIM, Zaenal Muthaqien, mengaku cukup terbantu dengan keberadaan SIM keliling yang dibuat Polsek Rengel. Pengajar salah satu SMP di Rengel itu tidak punya cukup waktu untuk mengurus perpanjangan SIM keliling ke pusat kota yang jaraknya terlalu jauh. "Beruntung ada pelayanan seperti ini dari Polsek Rengel," kata Zaenal.

Data dari Polsek Rengel, ada 22 warga yang memanfaatkan pelayanan SIM keliling selama tiga jam tersebut. Mereka mengajukan perpanjangan SIM A dan SIIM C. Pelayanan SIM keliling selain mendekatkan jarak pelayanan masyarakat di pelosok Tuban, kali ini juga untuk memperingati HUT Bhayangkara ke 70 Tahun 2016. [pur/col]