Disperta: Irigasi Masalah Utama Terhambatnya Panen di Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Indonesia menuju ketahanan pangan dengan mengusung program swasembada guna mencukupi kebutuhan pangan nasional. Dalam program ini, seluruh daerah diminta untuk bisa berpartisipasi aktif agar tujuan dari pemerintahan Jokowi-JK bisa tercapai. Seperti halnya Kabupaten Tuban, harus ikut menyukseskan program pemerintahan yang dinahkodai Jokowi. Namun, terdapat masalah terkait pertanian di Kabupaten yaitu masalah irigasi, sehingga membuat hasil panen tidak maksimal.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Suparno, menyatakan bahwa permasalahan pertanian di Tuban saat ini adalah irigasi. Karena memang irigasi sangat diperlukan dalam memaksimalkan hasil tanam padi, sebab Indonesia sekarang sedang giat-giatnya mewujudkan swasembada pangan.

"Irigasi kendala utamanya sehingga menyebabkan panen tidak maksimal," terang Suparno kepada blokTuban.com, Selasa, (24/5/2016)

Dia juga menjelaskan, bahwa untuk menyelesaikan masalah tersebut maka akan dibangun saluran irigasi dan waduk guna memperlancar pengairan di areal sawah yang saat ini dalam proses pengerjaan.

"Sudah dibangun sejak 2014 lalu, melalui dana APBD dan juga APBN," Jelasnya.

Suparno menambahkan, waduk akan dibangun di Kecamatan senori, Bangilan, Kenduruan, Jatirogo.

"Ada 12 waduk yang nantinya akan dibanguun dalam tahun ini," pungkasnya.[nok/col]