Dirjen Pemberdayaan Desa Dorong Pengentasan Desa Tertinggal

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam Konferensi Cabang ke 18 Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda PC GP ANSOR Kabupaten Tuban, Sabtu (16/4/2016), dihadiri Direktur Jendaral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Taufik Madjid.

Giat tahunan tersebut mengambil tema 'Gerakan Kaderisasi Bela Negara Demi Kemakmuran Desa'. Taufik yang menggantikan kehadiran Menteri Desa tersebut mengungkapkan rencana pemerintah pusat dalam upaya mengentas desa miskin dan tertinggal.

"Merupakan rencana pembangunan jangka panjang nasional, dengan mengimplementasikan dan mendorong target pengentasan 5000 desa tertinggal, mejadi desa berkembang dan 2000 desa berkembang menjadi desa mandiri," kata Taufik dalam sambutannya.

Pemerintah, lanjut Taufik, mampu mematahkan kekurangan di desa, akan tetapi program kebijakan perlu sinergi antara beberapa pihak. Termasuk kontribusi Gerakan Pemuda ANSOR untuk memutus mata rantai ketidakberdayaan di desa.
 
Kendati demikian, kata Taufik, pembangunan dan pemberdayaan desa menghadapi kenyataan pahit. Jaring Komunitas (Jamu) pembina desa sebagai penguatan daya dan ekspansi saat ini disuguhi fakta angka kemiskinan di masyarakkat terbilang tinggi.

"Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menyebut. Kabupaten Bondowoso, Bangkalan, dan Sumenep masuk kategori kabupaten tertinggal. Tidak terkecuali di Tuban, rasio kesenjangan sosial di Tuban termasuk tinggi," pungkas Taufik. [dwi/rom]