Konfercab XVII PC GP ANSOR Tuban Resmi Dibuka

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Konferensi Cabang (Konfercab) ke XVII Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda ANSOR Kabupaten Tuban resmi dibuka, Sabtu (16/4/2016). Konferensi yang bertajuk 'Gerakan Kaderisasi Bela Negara Demi Kemakmuran Desa' kali ini berlangsung di pendopo Kridha Manunggal Kabupaten Tuban.

"Ada 3 poin yang ingin dicapai PC GP ANSOR Kabupaten Tuban," kata Ketua PC GP ANSOR Tuban, M Syafiq Syauqi.

Sejauh ini, kata Syafiq, kaderisasi sudah dilaksanakan. Selama satu periode, kaderisasi di desa kembali aktif.  Dengan sistem berjenjang dalam satu tahun satu kali dilakukan kaderisasi.

Selain itu, gerakan bela negara menjadi komitmen tinggi PC GP ANSOR Tuban. Yakni untuk menjaga negara kesatuan. "Gerakan bela negara menjadi program pemuda Ansor yang kita jaga dan pupuk selamanya," kata Syafiq menambahkan.

Terakhir, kemakmuran desa, bahwa membangun negara diawali dari desa. Tempat menumbuhkan kader gerakan pemuda Ansor, kata Syafiq, tidak ada pilihan lain kecuali memakmurkan desa.

"Kami berharap ada MoU dengan Kementerian Desa, yang turut berpartisipasi memakmurkan desa dan pemuda Ansor mendorong hal tersebut," kata Syafiq.

Diketahui, Konfercap dihadiri langsung oleh forum pimpinan daerah (Forpimda) serta perwakilan dari Kementerian Desa. Pembukaan Konfercab dilakukan dengan apel Banser, bedah buku islam nusantara, pencak silat dan atraksi barongsai, kemudian dilanjut sidang pleno. [dwi/rom]