Harapan Rembug Tani, Kebutuhan Bibit dan Pupuk Teratasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kalangan petani kerap kali berhadapan dengan masalah klasik saat musim tanam tiba. Yaitu ketersediaan kualitas bibit dan kelangkaan pupuk.

Giat rembug tani yang diselenggarakan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan ketahanan Pangan (BP2KP), oleh Dinas Pertanian menyimpan harapan akan jaminan dalam bidang pertanian. Camat Rengel, M. Mahmud mengungkapkan, dengan adanya rembug tani tahunan tersebut, permasalahan yang dirasakan petani selama ini dapat teratasi.

"Perencanaan yang dilakukan secara intern dengan petani tersebut, semoga mampu mengatasi kendala yang dihadapi dengan dilakukan evaluasi di giat rembug tani," kata M. Mahmud, kepada bloktuban.com, Selasa (12/4/2016).

Selain itu, lanjut Mahmud, adanya rembug tani dapat membantu menentukan langkah dalam mengambil keputusan. Apa yang akan dilakukan petani dalam satu tahun kedepan, kiranya dapat ditentukan dari sekarang.

Rembug tani yang dilakukan untuk merencanakan akan keberhasilan tanaman beberapa komoditas. Seperti diketahui, sebagian lahan pertanian di Tuban merupakan lahan tadah hujan, sehingga komoditi seperti jagung, padi dan komiditi lainnya perlu perhatian dan perencanaan tanam yang matang agar dapat berhasil. [dwi/rom]