Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, Dilatih Tata Rias Salon

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka menumbuhkan jiwa berwirausaha, sejumlah perempuan berlatih keterampilan tata rias dan salon, Selasa (12/4/2016).

Sekitar 40 perempuan nampak asyik dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dna Transmigrasi (Dinsosnakertrans) tersebut. Kali ini merupakan tahun pertama pelatihan rias dan salon dilakukan.

"Pelaksanaan tergantung pada dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Pembinaan kemampuan kerja melalui pelatihan tata rias dan salon merupakan tahun pertama," kata Kepala seksi (Kasi) Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja, Sri Lesatari.

Sebelumnya, kata Sri Lestari, sosialisasi pelatihan dilakukan pengumuman di tiap kecamatan dan melalui radio milik pemerintah daerah. Lantaran kuota yag disediakan hanya 40 orang, masing-masing 20 untuk pelatihan tata rias dan 20 untuk salon.

"Sebenarnya banyak peserta, tapi tidak bisa asal nyomot (ambil). Meski terbuka untuk umum, perlu dilakukan seleksi bagi yang berminat. Diharapkan selesai pelatihan ini bisa berwirausaha, sehingga menambah income (pendapatan) keluarga," Kata Sri Lestari, kepada blokTuban.com.

Pelatihan yang diselenggarakan tiap setahun sekali itu, tiap peserta yang mengikuti pelatihan tata rias dan salon selain mendapat keterampilan, juga mendapatkan bantuan peralatan kotak rias lengkap. Dimana setiap enam bulan sekali dalam kurun waktu dua tahun dilakukan monitoring dan evaluasi kepada peserta pelatihan. [dwi/rom]