Sungai, Jadi Tempat untuk Bersihkan Bengkoang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Untuk menjaga kualitas dan kebersihan pada buah bengkoang, para petani bengkoang yang berada di Dusun Sugih, Desa Suciharjo dan Desa Mojomalang Kecamatan Parengan berbondong-bondong membersihkan buah tersebut di sungai, Sabtu (2/4/2016).

Tepat di sungai sepat yang berada di perbatasan antara Desa Suciharjo dan Desa Mojomalang, para petani disibukkan dengan aktivitas mencuci (Ngumbah, bahasa jawa) buah bengkoang.

Salah satu petani, Hadi (50) mengatakan, rutin membersihkan buah tersebut ditemani sang istri. "Ini tadi saya berangkat sejak pagi, karena harus panen terlebih dahulu baru dibersihkan di sungai," ujar Hadi kepada blokTuban.com.

Dari pantauan blokTuban.com, terdapat beberapa petani yang melakukan pembersihan buah yang berwarna putih tersebut di sungai sepat, sebab sungai sepat merupakan sungai yang dekat dengan jalan raya Soko-Parengan.

Petani lain, Sokran (50), mengaku setiap hari mulai pukul 06.00-12.00 WIB, Sokran bisa memanen sekaligus membersihkan buah bengkoang hingga 100 ikat.

Pembersihan buah bengkoang ini dilakukan di sungai yang berada di dekat jalan raya, hal itu dikarenakan para pengguna jalan juga banyak yang membeli. "Buah bengkoang masih segar karena langsung dari petani," pungkas sokran. [hud/rom]