Libur Sekolah, 2 Siswa Ini Pilih Bantu Jemur Jagung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Libur sekolah merupakan salah satu kesempatan untuk siswa-siswi bermain sepuasnya. Namun berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kedua anak-anak yang berada di Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban ini. Mereka membantu orang tuanya menjemur jagung.

Salah satunya masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) kelas III yakni bernama Mohammad Salman dan Ardianto yang masih mengenyam pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas I. Keduanya mengisi hari liburnya dengan membantu orang tuanya untuk menjemur jagung di jalan, Minggu (27/3/2016).

Meskipun hari libur ini mereka tidak melakukan liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dengan orangtuanya, tetapi mereka sudah merasa senang dan sangat semangat, terlihat saat jemuran tersebut telah kering dan waktunya untuk dimasukkan kedalam sak.

"Saat libur sekolah seperti ini mereka ikut membantu menjemur jagung dari pagi, sampai nanti kering. Namun apabila hari-hari biasa mereka membantu setelah pulang dari sekolah," kata Yanti (29) Kakak Salman kepada blokTuban.com.

Yanti menambahkan, kedua anak tersebut bukanlah saudara, tetapi masih merupakan sanak famili atau bateh, namun keseringanya bersama sehingga banyak orang yang baru mengenalnya menganggap kedua anak tersebut adik kakak.

"Saat ini orang tua mereka sedang melakukan panen sehingga setelah melakukan penjemuran jagung mereka akan menyusul untuk membantu," ungkapnya.

Sementara itu Ardianto mengaku senang mengisi hari liburnya dengan membantu orang tua, selain di sela-sela membantu menjemur jagung ia juga bisa bermain dengan anak-anak yang lain.

"Senang kak, meskipun dengan membantu orang tua. Saya dan Salman juga bisa bermain disela-sela menjemur jagung," terang Ardi sapaan akrab Ardianto saat menjemur jagung.[hud/fah]