Silpa Akhir TA 2015 Sebesar Rp294 Miliar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Dalam akhir tahun anggaran 2015 Pemerintah Kabupaten Tuban masih menyisakan anggaran yang cukup besar, bahkan mencapai ratusan miliar. Hal tersebut masuk dalam Sisa Lebih Perhitungan (SilPa) akhir tahun 2015 yang disampaikan Wakil Bupati setempat.

"Sisa lebih perhitungan (SilPa) pada akhir tahun anggaran 2015 adalah sebesar Rp294 miliar," jelas Noor Nahar Hussein.

Selanjutnya, pria yang kembali terpilih sebagai wakil Bupati tersebut menjelaskan, bahwa hasil SilPa tersebut berasal dari dana sertifikasi guru yang berasal dari pusat. Menurutnya, karena dari pusat masih menggunakan data guru yang lama dan bahkan banyak guru yang sudah pensiun di dalam data tersebut, jadi masih ada sisa. Selain itu juga ada dari program-program lain yang masih menyisakan anggaran.

"Kalau SilPa untuk anggaran sertifikasi guru sebesar Rp127 miliar, sedangkan sisanya Rp167 miliar berasal dari sisa program yang lain, itu merupakan SilPa efektif," terang Wabup.

Berdasarkan informasi blokTuban.com, bahwa dalam penggunaan anggaran tahun 2016 ini diharapkan tidak ada SilPa, sehingga anggaran bisa terserap dengan baik.[nok/col]