Waktu Panen Jagung, Petani Khawatirkan Serangan Belalang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Petani jagung yang ada di wilayah Tuban timur, mengkhawatirkan serangan belalang menjelang musim panen. Kekhawatiran petani cukup beralasan. Sebab, di wilayah Tuban bagian barat, seperti Kecamatan Montong, Kecamatan Jatirogo, dan Kecamatan Kenduruan, hama belalang menyerang tanaman petani setempat.

"Jangan sampai walang juga menyerang di wilayah sini," terang salah satu petani asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Darsiman (60), kepada blokTuban.com, Jumat (5/2/2016).

Tanaman jagung milik petani di sekitar Kecamatan Palang dan sekitarnya mulai menunjukkan hasil. Usai berbunga, tongkol jagung muda mereka mulai berbiji. Apabila ada serangan belalang, dipastikan proses pertumbuhan biji jagung menjadi terganggu.

"Sayang juga kalau tinggal berbiji, terus daunnya habis dimakan belalang," terang petani lain, Warji, kepada blokTuban.com.

Pantauan blokTuban.com, meski sempat terganggu cuaca, jagung milik petani di tempat ini nyaris tumbuh dengan sempurna. Apabila tidak ada halangan, dalam tempo sekitar tiga minggu lagi mereka sudah bisa menikmati hasil. [pur/col]