Bulan Ini Dibuka Pendaftaran Petugas Sensus

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Seiring akan dilaksanakannya sensus ekonomi 2016 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, karena itu dibutuhkan tenaga sebagai petugas sensus. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, Prayogo mengatakan, bahwa Sensus Ekonomi atau SE akan dilaksanakan di tahun 2016 ini. Sebab periode sensus adalah selama 10 tahun, tepatnya pada tahun yang berakhiran dengan angka 6.

"Sensus Ekonomi 2016 ini dilakukan serentak secara Nasional, pada bulan Januari ini akan dibuka pendaftaran bagi tenaga pendata sensus ekonomi," ujarnya.

Selanjutnya untuk bulan Februari bisa dilihat atau diketahui kualitas dari pendaftar kemudian pada bulan April akan dilakukan pelatihan bagi yang diterima. Baru kemudian pada bulan Mei bisa dimulai untuk melakukan sensus ekonomi.

Prayogo menambahkan untuk pendaftaran dimulai tanggal 25 sampai 27 januari 2016. Masyarakat yang ingin menjadi tenaga pendata bisa ikut mendaftar langsung di tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Sekitar 1000 tenaga pendata akan dibutuhkan untuk Kabupaten Tuban dengan kontrak kerja 1 bulan, karena Sensus Ekonomi ini meliputi semua jenis usaha yang ada.

"Adapun jenis usaha yang akan di sensus adalah seperti Perusahaan tambang, galian, listrik, ekonomi mikro bisa home industri, usaha rumahan ada penjual pulsa, penjual gas LPG, toko-toko kelontong yang ada di tengah masyarakat, ataupun warung kopi dan juga warung makan, dan segala jenis usaha akan didata pada sensus ekonomi tahun ini," pungkasnya.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com bahwa pengumuman tentang adanya sensus ekonomi 2016 akan diumumkan pada 18 Januari di seluruh kecamatan dan Website BPS Kabupaten Tuban. [nok/col]