BPS: Sensus Ekonomi 2016 Segera Dilaksanakan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sensus ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai acuan atau landasan untuk menyusun kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Karena data yang dihasilkan akan menjadi bekal untuk penentuan langkah kedepan dalam memperbaiki pertumbuhan ekonomi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, Prayogo mengatakan, bahwa Sensus Ekonomi atau SE akan dilaksanakan di tahun 2016 ini. Sebab periode sensus adalah selama 10 tahun, tepatnya pada tahun yang berakhiran dengan angka 6.

Untuk Kabupaten Tuban sensus ekonomi direncanakan dilaksanakan selama satu bulan dengan sasaran meliputi semua jenis usaha yang ada.

"Adapun jenis usaha yang akan di sensus adalah seperti Perusahaan tambang, galian, listrik, ekonomi mikro bisa home industri, usaha rumahan ada penjual pulsa, penjual gas LPG, toko-toko kelontong yang ada di tengah masyarakat, ataupun warung kopi dan juga warung makan, dan segala jenis usaha akan didata pada sensus ekonomi tahun ini," pungkasnya.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com bahwa pengumuman tentang adanya sensus ekonomi 2016 akan diumumkan pada 18 Januari di seluruh kecamatan dan Website BPS Kabupaten Tuban. [nok/col]