Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sekitar 3.000 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Tuban masih berada atau ngendon di Kantor Bersama Samsat, Jalan Teuku Umar, Tuban.

Sebelumnya, Samsat pernah mempunyai tunggakan penyelesaian ribuan STNK karena material pembuatannya habis. Tetapi, setelah material tersedia semua tunggakan itu sudah terselesaikan.

"STNK sisa tunggakan pada tahun 2015 sudah selesai semua. Hanya saja masih ada sekitar 3.000 STNK yang sampai sekarang belum diambil pemiliknya," jelas Kepala Unit (Kanit) Reg Ident Polres Tuban, IPTU Ayip Rizal, Sabtu (9/1/2016).

Tunggakan pengurusan STNK mungkin tidak akan terjadi lagi. Sebab, sampai sekarang stok material STNK ataupun Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) masih ada sekitar 1.800 material.

"Stok untuk material STNK, BPKB, ataupun plat nomor masih aman untuk awal tahun ini," jelas Polisi yang juga atlit voli nasional tersebut.

Selain STNK, Samsat juga mengaku akan memperketat pengawasan kendaraan yang melakukan mutasi ke Tuban. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kendaraan bodong ataupun curian yang ada di Tuban.

"Cek fisik kita lakukan secara serius, takut kendaraan yang mutasi ke Tuban adalah kendaraan yang identitasnya sudah dipalsukan," tandas Ayip. [pur/ito]