Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki jumlah Puskesmas sebanyak 33 yang tersebar di 20 kecamatan Se Kabupaten Tuban. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa mendapatkan pelayanan yang terbaik dan tidak jauh dari wilayah tempat tinggalnya, sehingga memudahkannya dalam berobat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saeful Hadi mengatakan, untuk mewujudkan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan maka diperlukan Puskesmas pendukung yang berada di desa-desa. Untuk itu, masyarakat yang jauh dari kota bisa memanfaatkan adanya Puskesmas desa. Sebab jika keadaannya jauh dari Kota maka akan memakan waktu yang lama dalam perjalanan.

"Keberadaan 33 Puskesmas tersebut tersebar di 20 kecamatan seperti berikut, Puskesmas Kenduruan, Bangilan, Senori, Singgahan, Montong, Jetak, Prengan, Poco, Soko, Prambon Tergayang, Rengel, Prambon Wetan, Grabagan, Plumpang, Klotok, Widang, Compreng, Palang, Sumurgung, Semanding, Tuban, Kebonsari, Wire, Jenu, Merak Urak, Temandang, Kerek, Gaji, Tambakboyo, Jatirogo, Kebonharjo, Bulu, dan yang terakhir Bancar," imbuhnya kepada blokTuban.com

Saeful menambahakan, dari 20 kecamatan tersebut yang memiliki Puskesmas lebih dari satu di setiap kecamatan di antaranya Kecamatan Montong memiliki dua puskesmas, Kecamatan Parengan memiliki dua Puskesmas, Kecamatan Soko memiliki dua Puskesmas, Kecamatan Rengel memiliki dua Puskesmas, Kecamatan Plumpang, Kecamatan Widang, Kecamatan Palang, Kecamatan Tuban memliki tiga Puskesmas, Kecamatan Merak Urak memiliki dua Puskesmas, Kecamatan Kerek, Kecamatan Jatirogo, dan Kecamatan Bancar.

"Keberadaan Puskesmas tambahan tersebut tidak hanya ada di Kecamatan, namun juga ada yang ditempatkan di desa dengan harapan dapat membantu masyarakat desa yang wilayahnya jauh dari kota sehingga memudahkan dalam berobat," pungkasnya.

Diketahui keberadaan 33 Puskesmas tersebut tidak semua memilki jenis pelayanan Puskesmas yang sama, namun ada yang memiliki jenis perawatan rawat inap dan adayang non rawat inap.[nok/col]