Miliki 26 Siswa, Tetap Solid Hubungan Guru dan Murid

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kembangbilo 02 yang terletak di Desa Kembangbilo, kecamatan/Kabupaten Tuban saat ini memiliki total 26 murid.

Jumlah murid 26 anak tersebut merupakan total keseluruhan dari kelas satu hingga kelas enam. Masing-masing kelas memang memiliki murid, namun jumlah tidak lebih dari sepuluh.

Kepala Sekolah SDN Kembangbilo 02, Sinar Tiana mengatakan, meski jumlah siswa minim hal itu tidak mempengaruhi kinerja guru selama proses belajar mengajar. Kedekatan antara guru dan murid justru terbangun dengan apik.

"Meski jumlah sedikit, selalu saya ajak para guru untuk tidak memandang sebelah mata. Terbukti sejauh ini saya bangga akan kinerja mereka, baik dalam mengajar dan administrasi tertata rapi," ungkap perempuan yang memimpin dua sekolah, SDN Kembangbilo 01 dan 02.

Salah seorang guru, Lita Aditya Dewi mengatakan kuantitas peserta didik yang rendah di sekolah SDN Kembangbilo 02 ini justru memiliki sisi positif tersendiri yakni pengajaran lebih efektif dan optimal.

"Posisi duduk dengan jumlah murid sedikit lebih diuntungkan, ketika proses belajar serasa sedang berdiskusi dan musayawarah," kata guru yang mengajar selama dua tahun terakhir ini.

Pantauan blokTuban.com di salah satu ruang kelas SDN Kembangbilo 02 kedekatan guru dan murid tidak sekadar secara emosional. Posisi duduk pun berdekatan, di mana meja guru berdimpitan dengan meja murid yang segelintir ini.

Total murid seluruhnya terdapat 26 tersebut jumlah terbanyak ada di kelas IV, yaitu ada sembilan anak. Kelas I terdapat 2 murid, kelas II ada tiga murid, kelas III ada lima murid, kelas V ada empat murid dan kelas VI ada tiga murid. [dwi/col]