19:00 . Keluarga Besar BMG Tahlil dan Doa Secara Virtual untuk Almarhum Mas Muha   |   18:00 . Menikah Saat PPKM, Kemenag Gratiskan Biaya Swab Catin   |   17:00 . Pemilik Warung Wrong Way Divonis 5 Bulan Penjara   |   15:00 . DPRD Temukan KPM Tak Bisa Cairkan Bansos hingga Sembako Numpuk di Agen   |   14:00 . Baksos dan Jam Malam Berjalan Beriringan di Tengah Pandemi   |   13:00 . Begini Cerita Pilu KPM Asal Plumpang Tidak Menerima BPNT 7 Bulan   |   08:00 . Mas Muha: ‘Petarung Tangguh’ Kembali ke PenciptaNya   |   07:00 . Cuaca Panas Bisa Bikin Lelah Ibu Hamil, Simak Tips Berikut   |   20:00 . AMSI Crisis Center, Wadah Edukasi dan Bantuan Konsultasi Covid-19 Diluncurkan   |   19:00 . Farida Hidayati Bagi Sembako dan Vitamin pada Warga   |   18:00 . Polisi Dalami Temuan Mensos Terkait Penyaluran BPNT di Tuban   |   14:00 . Kapolres dan Dandim Tuban Berangkatkan Tim Relawan Tracer Corona   |   11:00 . Dari Hobi Baca, Wijayanto Punya Usaha Brand Kaos Lokal   |   07:00 . Tips Mengendalikan Emosi dari Psikolog: Jeda dan Atur Napas   |   18:00 . 51 Ton Bantuan Beras Didistribusikan, Kapolres: Harus Tepat Sasaran   |  
Thu, 29 July 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Infrastruktur dan Pengangguran Jadi Fokus Kinerja Bupati 2016

bloktuban.com | Tuesday, 05 January 2016 19:00

Infrastruktur dan Pengangguran Jadi Fokus Kinerja Bupati 2016

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ada dua sektor yang bakal diprioritaskan penggarapannya di tahun 2016, yaitu bidang infrastruktur dan pertanian. Bupati Tuban, Fathul Huda saat menggelar pertemuan bersama puluhan jurnalis, di kolam pancing Sugihwaras, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu mengatakan, pada tahun 2016 terdapat persoalan yang perlu penyelesaian.

"Ada dua masalah krusial perlu ditangani, yaitu perbaikan infrastruktur dan meminimalisir pengangguran," kata Bupati Tuban Fathu Huda, Selasa (5/1/2016).

Pembenahan infrastruktur dilakukan tertutama pada sarana prasarana. Yakni perbaikan jalan, saluran dan gedung. Bupati mencontohkan, perbaikan jalan dilakukan  supaya tidak ada kecelakaan lagi, baik di perkotaan maupun di desa. Untuk itu guna mengoptimalkan pembenahan, dilakukan kunjungan di jalan poros desa.

"Selain itu, infrastruktur terkait penangan banjir perlu diminimalisir. Seperti di Kecamatan Merakurak, semestinya ketika air hujan meluap dapat ditampung di bendungan yang ada di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban," jelas orang nomor 1 di bumi wali ini.

Kemudian, tambah Fathul Huda, pembenahan dalam rangka pengurangan pengangguran difokuskan pada dua hal. Yaitu pembenahan pada pertanian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Direncanakan pembangunan hutan kota dan hutan lindung di desa. Setiap kecamatan nantinya akan disuplai bibit tanaman keras yang produktif," ungkapnya.

Fokus pertanian dilakukan seperti penerapan pola tanam yang baru, yang ditonjolkan yaitu pada komoditas padi atau kerap disebut 'jeng sri'. Peningkatan bukan pada penambahan lahan pertanian, namun pada hasil panen. "Jika suatu daerah biasanya panen dua kali bisa diusahakan panen tiga kali," terang Fathul Huda.

Pada UMKM, Bupati merasa prihatin. Seperti misal di jalan kota minim dijumpai penjual asli Kabupaten Tuban. Pedagang di obyek ziarah makam Sunan Bonang, jalan Basuki Rahmat dan jalan Letda Sucipto didominasi penjual dari luar daerah. Untuk itu, peningkatkan SDM dan gairah berwirausaha dan jiwa enterpreneur harus ditingkatkan, yaitu dengan menggalakkan pendidikan berbasis kewirausahaan.

"Seperti memasukkan mata pelajaran enterpreneur atau jiwa berwirausaha dalam kurikulum pendidikan sekolah formal," pungkas Bupati. [dwi/rom]

Tag : bupati tuban

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat