07:00 . Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?   |   22:00 . Bupati Huda Serahkan Alsistan   |   21:00 . BMKG Rilis Peringatan Dini Jatim   |   20:00 . Semen dari Pabrik Tuban Bisa Dikirim Lewat Stasiun Babat   |   20:00 . Proyek Revamping dan Olefin TPPI Didukung Komisi VII DPR RI   |   19:00 . Adakan Sidang Isbat Nikah Massal, Ini Tujuan Bupati Huda   |   18:00 . Kapolres Tuban: Akhir Tahun Dipastikan Belum Bisa Dilalui Roda 4   |   17:00 . Serco Asia Pasifik Gandeng BUMD PT RSM Tandatangani Kerjasama Bangun RS Internasional di Tuban   |   16:00 . Kekeringan Teratasi, Panen jadi Lebih Cepat   |   15:00 . Terdakwa Kasus Penodaan Agama Islam di Group Facebook Jalani Sidang Online   |   14:00 . Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang   |   13:00 . Kapolres Cek Logistik Pilkada Tuban   |   09:00 . Disiplin Prokes Kurang Sebabkan Kasus Covid-19 Tuban Naik   |   08:00 . Diduga Ngantuk, Truk Trailer Tabrak Pagar dan Teras Warga   |   07:00 . Hiperandrogen Bisa Picu Haid Tak Lancar, Simak Penjelasannya   |  
Fri, 27 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 05 January 2016 19:00

Infrastruktur dan Pengangguran Jadi Fokus Kinerja Bupati 2016

Infrastruktur dan Pengangguran Jadi Fokus Kinerja Bupati 2016

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ada dua sektor yang bakal diprioritaskan penggarapannya di tahun 2016, yaitu bidang infrastruktur dan pertanian. Bupati Tuban, Fathul Huda saat menggelar pertemuan bersama puluhan jurnalis, di kolam pancing Sugihwaras, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu mengatakan, pada tahun 2016 terdapat persoalan yang perlu penyelesaian.

"Ada dua masalah krusial perlu ditangani, yaitu perbaikan infrastruktur dan meminimalisir pengangguran," kata Bupati Tuban Fathu Huda, Selasa (5/1/2016).

Pembenahan infrastruktur dilakukan tertutama pada sarana prasarana. Yakni perbaikan jalan, saluran dan gedung. Bupati mencontohkan, perbaikan jalan dilakukan  supaya tidak ada kecelakaan lagi, baik di perkotaan maupun di desa. Untuk itu guna mengoptimalkan pembenahan, dilakukan kunjungan di jalan poros desa.

"Selain itu, infrastruktur terkait penangan banjir perlu diminimalisir. Seperti di Kecamatan Merakurak, semestinya ketika air hujan meluap dapat ditampung di bendungan yang ada di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban," jelas orang nomor 1 di bumi wali ini.

Kemudian, tambah Fathul Huda, pembenahan dalam rangka pengurangan pengangguran difokuskan pada dua hal. Yaitu pembenahan pada pertanian dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Direncanakan pembangunan hutan kota dan hutan lindung di desa. Setiap kecamatan nantinya akan disuplai bibit tanaman keras yang produktif," ungkapnya.

Fokus pertanian dilakukan seperti penerapan pola tanam yang baru, yang ditonjolkan yaitu pada komoditas padi atau kerap disebut 'jeng sri'. Peningkatan bukan pada penambahan lahan pertanian, namun pada hasil panen. "Jika suatu daerah biasanya panen dua kali bisa diusahakan panen tiga kali," terang Fathul Huda.

Pada UMKM, Bupati merasa prihatin. Seperti misal di jalan kota minim dijumpai penjual asli Kabupaten Tuban. Pedagang di obyek ziarah makam Sunan Bonang, jalan Basuki Rahmat dan jalan Letda Sucipto didominasi penjual dari luar daerah. Untuk itu, peningkatkan SDM dan gairah berwirausaha dan jiwa enterpreneur harus ditingkatkan, yaitu dengan menggalakkan pendidikan berbasis kewirausahaan.

"Seperti memasukkan mata pelajaran enterpreneur atau jiwa berwirausaha dalam kurikulum pendidikan sekolah formal," pungkas Bupati. [dwi/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : bupati tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more