07:00 . Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Tipe 2, Cobalah Konsumsi Jeruk dan Tomat   |   22:00 . Razia di 6 Tempat, Petugas Sita Arak, KTP dan Handphone   |   18:00 . Jenazah Covid-19 Diambil Paksa, RSUD Jatirogo Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah   |   12:00 . IBI Tuban Siap Sukseskan Vaksinasi Covid-19   |   11:00 . Sembuh dari Covid-19, 48 Karyawan TPPI Tuban dan Jakarta Donorkan Plasma   |   08:00 . Anjing Liar Terkam 13 Ekor Kambing   |   07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |   18:00 . Harry Susanto Jadi Ketua DPC Gerindra Tuban Gantikan Tri Astuti   |   17:00 . Pohon Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Tutupi Akses Jalan Jatirogo-Bulu   |   16:00 . Pemkab Tuban Belum Miliki Data Kemitraan UMKM dan Perusahaan   |   15:00 . Teror Anjing Liar di Tambakboyo, 13 Ekor Kambing Mati Diterkam   |   14:00 . Kartar Tunas Muda Kedungsoko Tetap Berkarya di Tengah Pandemi   |   13:00 . Keluarga Sepakat Jenazah Dimakamkan Protokol Covid-19   |   12:00 . Polisi Tetapkan 3 Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19   |   08:00 . 7 Rumah Sakit Ajukan Plasma Konvalesen di PMI Tuban   |  
Wed, 20 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Satu Fraksi Minta Pengesahan Perda Desa Ditunda

bloktuban.com | Tuesday, 29 December 2015 20:00

Satu Fraksi Minta Pengesahan Perda Desa Ditunda

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Fraksi Golkar Sejahtera meminta agar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Desa ditunda dahulu pengesahannya.

Hal ini disampaikan fraksi dari gabungan Partai Golkar dan PKS tersebut, dalam Sidang Paripurna Penetapan Delapan Raperda Usulan Eksekutif di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban.

"Kami minta ditunda dahulu Perda Desa, tapi untuk tujuh Perda lainnya kita sepakati," jelas juru bicara Fraksi Golkar Sejahtera, Muhammad Musa, di sidang paripurna, Selasa (29/12/2015).

Musa menilai, saat ini belum ada peraturan menteri yang mengatur mengenai perangkat desa. Sehingga, apabila dipaksakan justru bisa berbenturan dengan peraturan yang ada di atasnya kemudian hari.

"Kami meminta pengesahannya menunggu adanya Peraturan Pusat (PP) tentang desa dan akan diatur di kementerian," terang Musa.

Meski mendapat penolakan, delapan Raperda usulan eksekutif ini resmi diketok menjadi Perda. Lantaran, hanya ada satu dari tujuh fraksi yang menolak Perda ini disahkan.

Hal berbeda, justru diucapkan Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein. Wabup yang ada di sidang paripurna justru menyebut sudah ada landasan peraturan kementerian dan sudah ada yang mengaturnya.

"Sehingga tidak akan bertentangan dengan aturan di atasnya, karena sudah ada landasannya," terang Noor Nahar Hussein.

Beberapa Perda yang sudah disahkan adalah Perda Retribusi Pelayanan Kesehatan Kelas III pada Rumah Sakit Umum, Perda Kawasan Tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Rokok, Perda Perangkat Desa, Perda Tentang Badan Musyawarah Desa, Perda Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa, Perda Pendidikan Karakter dan Akhlak Mulia, dan Perda tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Nomor 2 Tahun 2014 tentang Izin Pemanfaatan Ruang. [pur/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : perda, desa, fraksi, dprd



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more