Hati-hati, Nonton Film Horor Bisa Bikin Darah Membeku

Reporter:--

blokTuban.com - Menurut sebuah penelitian terbaru, film horor bisa membuat darah kita membeku. Para peneliti dari Leiden University Medical Center melibatkan 24 partisipan sehat berusia di bawah 30 tahun untuk membuktikan penelitian tersebut. Mereka diminta untuk menonton film horor berdurasi 90 menit.

Grup pertama yang berisi 14 orang diminta untuk menonton film Insidious terlebih dahulu, lalu setelah itu menonton film documenter berjudul A Year in Champagne.

Sedangkan, partisipan sisanya diminta menonton film yang sama namun dengan urutan kebalikannya. Dokumenter dulu, baru film horor.

Selama studi tersebut, para peneliti mengambil sampel darah partisipan lima belas menit sebelum dan sesudah menonton film.

Mereka menemukan Factor VIII pada darah partisipan meningkat 57% sewaktu menonton film horor dan turun kembali 86% ketika menyaksikan film dokumenter.

“Mekanisme biologis yang mendasari ketakutan berhubungan dengan peningkatan aktivitas pembekuan darah masih belum terbongkar," ujar Banne Nemeth, penulis studi ini.

Meskipun begitu, penelitian yang dipublikasikan pada jurnal British Medical ini menunjukkan, bahwa setelah berabad-abad terbukti, jika sesuatu yang menakutkan bisa membekukan darah kita.[ito]

Sumber:http://health.kompas.com/read/2015/12/22/132700023/Hati-hati.Nonton.Film.Horor.Bisa.Bikin.Darah.membeku