Warga Margorejo Mengeluh, Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berbeda dengan warga Desa Banyu Urip, Kecamatan Senori yang mendirikan bank sampah agar lingkungan menjadi bersih dan mempunyai nilai tambah. Pengguna jalan serta warga Desa Margorejo mengeluhkan dengan adanya banyak sampah yang berada di pinggir jalan raya Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu (23/12/2015).

Warga sekitar mengaku dengan adanya tumpukan sampah di pinggir jalan raya Desa Margorejo ini, akan mengakibatkan sawah petani penuh dengan sampah saat di guyur hujan, selain itu jalan raya yang berada di Desa Margorejo saat ini menjadi perhatian banyak warga desa lain.

Seperti diungkapkan salah satu pengguna jalan yang kebetulan tengah melintas, Agus (40), mengatakan bahwa semakin sempitnya pekarangan yang berada di rumah, maka semakin banyak pula sampah yang dibuang di tepi jalan kalau pihak desa tidak mengambil keputusan yang tegas.

"Misalnya memberi peringatan atau tulisan, kalau masih tidak digubris dikenai denda saja," ujarnya kepada blokTuban.com.

Terpisah, warga sekitar, Sarmo (50), juga mengatakan kalau sampah-sampah ini mengganggu pengguna jalan, dan dia menyayangkan kurang adanya tindakan yang tegas oleh pihak desa, atau lebih baiknya desa memberikan (plank) atau peringatan, agar dapat meminimalisir sampah yang menumpuk.

Sampai saat ini tidak ada yang tau siapa yang membuang sampah di pinggir jalan tersebut, dan semakin lama sampah semakin menumpuk. "Sampah ini kebanyakan dibuang pada malam hari," jelas Sarmo. [hud/rom]