Meski Minim, Stok Pupuk Subsidi Masih Aman

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pupuk merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan bagi petani. Terlebih pupuk dapat memberikan manfaat bagi kesuburan tanah, sehingga tanaman yang ditanam pun juga akan ikut sehat akibat adanya pemupukan. Meski demikian, saat ini petani mengeluhkan minimnya distribusi pupuk subsidi.

Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Tuban, Hery Prasetyo S, mengatakan, pihaknya sudah mengusahakan agar mendapatkan subsidi pupuk dari pemerintah dengan jumlah yang sudah dialokasikan. Namun, pengusulan pupuk yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten kepada Pemerintah Pusat, tidak serta merta langsung diteken untuk dipenuhi, karena harus disesuaikan dengan usulan subsidi pupuk dari daerah lain. Sebab itu, pemerintah harus menstabilkan pembagian pupuk.

"Biasanya alokasi pengajuan subsidi pupuk dari Pemerintah Kabupaten Tuban hanya diteken 50 sampai 60 persen dari jumlah total yang diusulkan. Tidak semua yang diusulkan dipenuhi," ujarnya.

Namun, apabila ada kekurangan stok pupuk, biasanya dari Pemerintah Kabupaten mencoba mengusulkan kembali. "Untuk dipenuhi atau tidaknya kita belum bisa memastikan, namun itu adalah bagian dari usaha Dinas Pertanian," ungkap Hery.

Hery menambahkan, yang menjadi indikator penerimaan pupuk dengan jumlah yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat adalah luas wilayah pertanian, jumlah penduduk petani, dan tekstur tanah. Sebab, ketiga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap penerimaan pupuk subsidi dari pemerintah.

"Saat ini stok pupuk masih aman, semoga tahun depan untuk alokasi yang dianggarkan Pemkab Tuban kepada Pemerintah Pusat, terkait alokasi pupuk subsidi bisa diterima lebih banyak daripada tahun sebelumnya," pungkas Hery. [nok/col]