Goa Putri Asih Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Goa Putri Asih yang ditemukan pada tahun 2004 ini, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan dan tidak terawat. Goa yang dulu sangat ramai dikunjungi sekarang kelihatan tak berpenghuni. Lokasi tepat di kawasan Perhutani Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Goa yang terlihat dari luar biasa saja tersebut, namun di dalam terlihat banyak pesona keindahan. Ini adalah satu-satunya goa di Kecamatan Montong yang menjadi kunjungan para wisatawan baik lokal maupun luar. Setelah bebera tahun goa putri asih di tutup, terlihat tidak terawat dan kotor, begitu juga pondasi-pondasinya terlihat sudah rusak.

Di tutupnya Goa Putri Asih ini diduga karena wilayah tersebut masih milik Perhutani dan pihak terkait, yang masih menunggu kepastian dari pemerintah. Pihak manakah yang boleh mengelola goa tersebut.

"Goa ini akan diresmikan lagi dan akan dijadikan wahana pariwisata, sampai saat ini masih dalam proses penyelesaian administrasi" kata penjaga goa warsito.

Setiap hari goa putri asih ini ada yang menjaga mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Begitu pula perhutani yang sulalu patroli. Untuk cepat atau lambatnya dapat di kelola, koprasi desa yang ikut mengelola masih dalam proses penggalian dana untuk pembangunan."

"Dan diperkirakan keamanan akan diambil dari dua desa yaitu Desa Guwoterus dan Desa Nguluhan" Kata Kepala Desa Nguluhan, hardi kepada bT sapaan akrab blokTuban.com. [hud/mu]