Wajib Coba! Begini Resep Membuat Donat yang Empuk dan Praktis

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada era yang semakin modern saat ini, banyak sekali ditemui berbagai cemilan dan jajanan pasar yang menggugah selera. Bauk yang memiliki rasa manis, gurih, ataupun pedas.

Namun, meskipun sudah banyak jajanan kekinian yang sedang hits, namun terdapat makanan yang tak pernah ditinggalkan oleh masyarakat, dan selalu memiliki banyak peminat, salah satunya ialah donat.

Bahkan, untuk dapat menikmati jajanan yang berbahan dasar tepung terigu ini, kalian tidak perlu jauh-jauh untuk membelinya. Pasalnya, pembuatan dari donat ini sangat mudah dan praktis. Selain itu, bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah ditemukan.

Disamping sebagai konsumsi pribadi, jajanan berbentuk donat ini juga dapat dijual dan menghasilkan pundi-pundi tambahan. Sebab, donat sangat mudah dikreasikan dan dipadu padankan dengan varian rasa apapun, bahkan juga dapat menjadi jajanan kekinian.

Salah seorang penjual donat di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Ida mengatakan jika untuk membuat donat hanya memerlukan empat bahan utama, seperti tepung terigu, ragi instan, telur dan juga margarin. 

"Biasanya kalau jualan saya buat resep setengah kilogram tepung terigu protein sedang, dan itu sudah jadi banyak karena nanti ngembang. Bahan lainnya fermipan dua sendok makan, telur dua, sama margarin, gula dan garam secukupnya," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (28/5/2023). 

Setelah seluruh bahan sudah siap, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengaktifkan ragi instan, yaitu dengan cara mencapurnya dengan air hangat dan dua sendok makan gula. Setelah diaduk merata, laruta ragi instan tersebut didiamkan kurang lebih selama 15 menit. 

Jika ragi instan sudah aktif dengan mengeluarkan buih-buih putih, barulah masuk ke tahap berikutnya, yaitu membuat adonan donat. Dimana, hal yang dibutuhkan yaitu tepung terigu, telur ayam, margarin dan sedikit garam. 

"Semua bahan dicampur jadi satu, dan larutan ragi instan di tuang sedikit-sedikit ke adonan tepung, kemudian diuleni sampai kalis," jelasnya. 

Sesudah adonan tepung tersebut kalis, maka tunggu adonan itu selama kurang lebih satu jam hingga mengembang sempurna. Kemudian barulah adonan donat dibentuk sesuai yang dibutuhkan dan tunggu kembali selama setengah jam agar adonan kembali mengembang, sebelum dalam tahap penggorengan. 

Dalam tahap ini, adonan donat dimasukkan ke dalam wajan yang terisi minyak panas, sedikit demi sedikit sampai donat berwarna kecoklatan. 

"Kalau warnanya sudah bagus, ditiriskan dan tunggu donat dingin untuk bisa diberikan toping sesuai selera. Biasanya saya pakai cokelat sama keju, kalau tidak pakai glaze. Jadi ganti-ganti, karena anak-anak biasanya suka bosan," bebernya. 

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini menambahkan, biasanya untuk satu resep donat yang digunakan, bisa menghasilkan kurang lebih 28 mika donat siap makan. Dimana, 1 mika berisi dua buah, dengan harga jual Rp2 ribu. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS