Tanggul Penahan Air Bengawan Solo di Desa Widang Merembes, Begini Upaya BPBD Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Tanggul Wedok penahan air Bengawan Solo yang berada di Dusun Pencol, Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban dilaporkan mengalami rembes, Jumat (3/3/2023). 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Sudarmaji mengatakan jika merembesnya tanggul Wedok tersebut, dipicu lantaran Tinggi Muka Air (TMA) Bengawan Solo yang mengalami kenaikan. 

"Ada laporan dari Kepala Desa Widang, bahwasanya telah terjadi Tanggul Wedok merembes, di Dusun Pencol, Desa Widang, Kecamatan Widang," ujarnya. 

Mendapatkan laporan tersebut, maka petugas dari BPBD Kabupaten Tuban langsung bergerak cepat, dengan mendatangi lokasi kejadian guna melakukan pengecekan lebih lanjut. 

Selanjutnya, petugas juga melakukan koordinasi dengan petugas dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) beserta perangkat dari kecamatan maupun desa setempat, untuk dapat melakukan penanganan. 

"Penyebabnya karena TMA Bengawan Solo mengalami kenaikan," tambahnya. 

Diketahui, selain mendatangi Desa Widang, petugas BPBD Tuban juga mendatangi Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang yang juga  sebagai daerah  rawan terjadi banjir, setiap tahunnya. 

Dari hasil pengecekan tersebut, maka ada beberapa rekomendasi penanganan  yang diberikan oleh petugas. Seperti halnya perlu adanya pembangunan Tembok Penahan Jalan (TPJ) di Dusun Pencol, agar Tanggul Wedok tidak kembali merembes. 

"Untuk akses jalan di Desa Kebomlati masih bisa dilalui lalu lintas dengan lancar," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS