Aklamasi, Gus Kaffi Terpilih Jadi Ketua Umum KADIN Tuban Periode 2023-2028

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

 

blokTuban.com - Mukaffi Makki, resmi termilih menjadi ketua umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Tuban periode 2023-2028. Gus Kafi, sapaan akrabnya, terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) VI di salah satu resto yang berdiri di Jalan Basuki Rahmat Tuban, Sabtu (25/2/2023).

 

Sebagai nahkoda organisasi induk perusahaan dan pengusaha, Gus Kaffi menyatakan ke depan KADIN Tuban harus mampu membina dan mengembangkan anggotanya. Pihaknya juga mengklaim akan bersinergi dengan pemerintah untuk kemajuan Tuban.

 

"Kadin ini mitra pemerintah maka kita akan bersinergi," terang Gus Kaffi kepada blokTuban.com pasca Muscab, Sabtu siang.

 

Disinggung soal komposisi kepengurusan baru, Pria yang juga Wakil Rakyat itu menjelaskan, akan menerapkan seefektif mungkin. Ia hanya mengambil poin wakil yang benar-benar dibutuhkan.

 

"Susunan pengurus yang pasti tidak terlalu gemuk, fokus untuk pengembangan sesuai era sekarang yang bisa berbuat dan berkarya. Istilahnya kecil tapi mentes," beber Gus Kaffi.

 

Di lokasi yang sama, ketua KADIN Tuban periode sebelumnya, Wiwid Agung Wibowo mengungkapkan, Muskab VI ini sudah berjalan sesuai petunjuk dan aturan organisasi. Mekanisme semua sudah dilalui sesuai yang berlaku.

 

"Tadi Kadin Jawa Timur (Jatim) juga memberikan apresiasi, karena menandakan proses regenerasi berjalan dengan baik," ungkap Wiwid.

 

Ia berharap di kepengurusan yang akan datang KADIN mampu mengembangkan UMKM Tuban. Apalagi di Tuban akan berdiri perusahaan dengan investasi sangat besar.

 

"Selain mengembangkan perusahaan, UMKM harus jadi prioritas. KADIN harus mampu menyalurkan pembinaan UMKM Tuban guna pengembangan potensi daerah yang sudah ada," tegasnya.

 

Sementara itu Ketua Umum KADIN Jawa Timur (Jatim) Dedy Suhajady menginginkan KADIN Tuban mampu menghadapi industri yang serba digital. Untuk itu Sumber Daya Manusia (SDM) harus benar-benar disiapkan. 

 

"KADIN Tuban harus mampu menghadapi tantangan digital. Semua yang terlibat harus melek digital," tegasnya.[rof]