Bupati Tuban Dukung Pemasaran Hasil Kreasi Penyandang Disabilitas dan Mantan ODGJ

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menyasar seluruh golongan. Termasuk para penyandang disabilitas dan mantan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) juga diperhatikan. Mereka dilatih untuk produktif, dan hasil kreasinya didukung pemasarannya.

Wujud dukungan iti di antaranya Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., mengunjungi Kampus Beraksi di Desa Mulyoagung. Kampus Beraksi adalah kelas pendampingan untuk PMKS Berdaya, Berkarya dan Berakselerasi.

Mas Bupati mengungkapkan Kampus Beraksi merupakan program pemberdayaan yang dikoordinir Dinsos P3A dan Pemdes Kabupaten Tuban bagi penyandang disabilitas dan ODGJ yang sudah sembuh di kecamatan Singgahan. Program pemberdayaan tersebut di antaranya keterampilan menjahit dan rajut.

 "Alhamdulillah mereka sudah bisa memproduksi tas, peci, dan sambungan masker dengan kualitas yang baik dan siap jual," ujarnya.

Mas Lindra menerangkan, Pemkab Tuban akan mendukung pemasaran produk hasil karya peserta Kampus Beraksi. Salah satunya dengan menyerap tas hasil produksi hasil karya mereka untuk di pasar tradisional, pasar swalayan, minimarket maupun bingkisan kegiatan Pemkab Tuban. Sehingga mampu mengurangi sampah plastik.

 Melalui kegiatan tersebut, Mas Lindra berharap paradigma masyarakat terhadap penyandang disabilitas dan mantan ODGJ menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, mampu mendukung pertumbuhan ekonomi warga hingga di sektor rumah tangga. 

"Sehingga penyandang disabilitas dan ODGJ mampu berkarya, berdaya, dan mandiri," katanya.

Sementara itu, TKSK Singgahan, Arifatul Khoiriyah mengatakan sebanyak 12 penyandang disabilitas dan ODGJ mendapatkan pemberdayaan dari Pemkab Tuban di rumahnya. Kedepannya, produk hasil Kampus Beraksi akan dijual secara langsung dan memanfaatkan media sosial.

Arifatul Khoiriyah menyampaikan terima kasih atas kunjungan Mas Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. Kehadiran mas Lindra menjadi motivasi bagi penyandang disabilitas dan pegiat sosial untuk berdaya dan mandiri. "Kami berharap dapat bekerjasama dengan lebih banyak OPD dan swasta lainnya," ujarnya. 

Usai berdialog, Mas Lindra bersama Sekda Tuban, Budi Wiyana dan pimpinan OPD melakukan kunjungan kerja ke sejumlah desa di Kecamatan Singgahan dan Parengan. Kunjungan tersebut dimaksudkan guna mengecek pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di berbagai bidang. 

Di antaranya, jalan lingkungan, jalan poros, drainase, jembatan, sekolah, puskesmas dan hibah lembaga.[ono]