11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Minim CCTV Jadi Salah Satu Faktor Kasus Tabrak Lari di Tuban Sulit Terungkap

bloktuban.com | Tuesday, 10 January 2023 05:00

Minim CCTV Jadi Salah Satu Faktor Kasus Tabrak Lari di Tuban Sulit Terungkap Anggota Polisi Satlantas Polres Tuban. ( Foto: bloktuban/Nur)

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Masih menjadi PR dari Satlantas Polres Tuban dalam mengungkap 33 kasus tabrak lari di Tahun 2022 yang hingga saat ini belum selesai. Bahkan awal Tahun 2023 terdapat tambahan satu lagi kasus tabrak lari.

Lalu bagaimana hukuman bagi para pelaku tabrak lari ini dan peran Satlantas mengurangi dan mengungkap kasus ini?

Kanit Penegakkan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Tuban, IPDA Eko Sulistyono mengatakan bahwa jika terjadi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) maka pelaku wajib menolong korban dan lapor kepada kepolisian terdekat.

“Jika terjadi sebuah Lakalantas maka wajib melakukan pertolongan kepada korban dan selepas itu juga wajib melakukan laporan baik di pos pantau, Polsek atau Polres terdekat,” ujar Kanit Penegakkan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Tuban, IPDA Eko Sulistyono kepada blokTuban.com.

Ipda Eko sapaan akrabnya untuk pelaku Lakalantas sendiri dalam pasal 310 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ) yang mengakibatkan kerusakan kendaraan dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 bulan dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.

Dan yang mengakibatkan korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan atau denda paling banyak Rp2.000.000, sedangkan untuk Lakalantas yang menyebabkan luka berat dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp10.000.000. 

Selanjutnya jika korban sampai meninggal dunia dipidana dengan pidana penjara paling  lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp12.000.000.

Sedangkan untuk pelaku tabrak lari diatur dalam pasal 312 UULLAJ diancam pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp75.000.000.

“Jika pelaku melakukan tabrak lari maka hukumannya ya ditambah, jadi pelaku terjerat pasal berlapis pasal 310 dan  pasal 312 UULLAJ dan tergantung kondisi korbannya,” tambahnya.

Untuk meminimalisir terjadinya laka lantas yang menimbulkan tabrak lari, Satlantas Polres Tuban memberikan himbauan berupa banner-banner peringatan di berbagai wilayah yang menjadi jalur tengkorak, serta kedepannya akan ada penambahan cctv setiap kecamatan dengan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan.

“Saat ini kita masih kesulitan mengungkap tabrak lari karena minimnya saksi dan tak adanya cctv di tkp, akan tetapi kita terus berupaya mencari beberapa bukti yang ada seperti cctv di tempat lain,” pungkasnya.[Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

Tag : #tabrak lari di tuban, #tabrak lari, # tuban, #satlantas, #polres tuban, #minim cctv



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat