Herbal Alami Obati Demam Pengganti Paracetamol yang Aman

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kenaikan suu tubuh yang menyebabkan demam sebenarnya proses alami tubuh melawan virus yang masuk. Namun mendapati kondisi yang demikian, terlebih apabila terjadi  pada anak membuat orang tua kalang kabut.

Alih-alih mengandalkan obat yang mengandung paracetamol yang belakangan ini ramai dipermasalahkan. Berikut ini beberapa herbal sebagai obat alami penurun demam.

Dikutip dari Thehealthsite, ada 4 jenis herbal yang mudah ditemui yang bermanfaat untuk menurunkan demam diantaranya:

1. Kunyit

Kunyit dikenal dengna kaya akan kandungan kurkumin yang bekerja seperti agen anti-virus dan antibakteri. Rempah ini dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi gejala demam, dingin dan batuk, sakit tenggorokan. 

Kunyit ini dpaat dicmapur dengan suus atau jika Anda merasa demam, atau mengunyah sepotong kunyit dengan sedikit garam.

 

2. Daun tulsi atau kemangi

Tulsi atau memiliki nama lain kemangi ternyata mengandung nutrisi yang sama seperti obat dan bersifat terapeutik. Daun ini diperkaya antioksidan dan anti-inflamasi. 

Antioksidan mmeiliki fungsi menyembuhkan infeksi dan peradangan yang ada di dalam tubuh. Untuk mengurangi gejala flu dan demam, konsumsilah sari daun tulsi yang direbus matang atau makan daunnya langsung yang sudah dibersihkan.

 

3. Jahe

Salah satu tumbuhan rimpang yang satu ini mudah ditemui dalam kotak bahan rempah di dapur tradisional. Selain berguna untuk bumbu masakan, jahe juga berfungsi melindungi tubuh dari berbagai jenis serangan virus dan bakteri. 

Makanlah irisan jahe dengan madu sampai demam menurun. Karena jahe diketahui memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang aman dikonsumsi.

 

4. Bawang putih

Bawang putih identik dengan baunya yang khas, terlebih ketika digoreng atau dijadikan bahan bumbu masakan. Rupanya bawang putih adalah agen anti-racun yang membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh. 

Di samping itu, rempah ini dapat juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat membantu menurunkan panas demam. Caranya, konsumsilah 2-4 siung bawang putih sehari, yang membuat kondisi tubuh Anda tetap bugar.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS