Antisipasi Gagal Ginjal Akut, Dinkes Tuban Minta Orangtua Waspadai Gejalanya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Merebaknya penyakit gagal ginjal akut misterius  yang menyerang anak berusia di bawah enam tahun belakangan ini, tentu menimbulkan sejumlah keresahan terhadap orangtua.

Untuk menghadapinya, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo meminta agar orangtua tetap tenang dan tidak panik dalam situasi ini, dengan tetap mewaspadai berbagai gejalanya.

“Gangguan gagal ginjal akut pada anak yang sedang terjadi belakangan ini, diduga karena efek pelarut sirop yang mengandung, polietilen glikol, surbitol, dan glerasol,” ujarnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Rabu (26/10/2022).

Disamping itu, Bambang sapaan akrabnya menjelaskan jika gejala awal dari gangguan ginjal akut misterius diantaranya yaitu demam, diare, pusing, batuk pilek hinga mengalami muntah-muntah.

Sementara gejala lanjutannya ialah jumlah urine dan frekuensi buang air kecil yang berkurang, penurunan kesadaran dan sesak nafas, bahkan gejala lainnya ialah kondisi badan yang mengalami pembengkakan.

“Jika kondisi anak sudah agak parah, maka kencing bisa berkurang dan bahkan sampai kencingnya tidak ada (tidak bisa kencing),” jelasnya.

Diketahui, gangguan ginjal akut misteriues sendiri merupakan kondisi pada saat ginjal secara tiba-tiba, tidak dapat menyaring limbah dari darah. Kendati hingga kini belum ada laporan adanya gagal ginjal akut di Kabupaten Tuban.

Namun Bambang tetap menghimbau kepada para orang tua agar segera memeriksakan anaknya, apabila terdapat gejala-gejala yang telah disampaikan di atas. Selain itu, juga selalu berhati-hati ketika membeli obat sirop secara bebas di toko obat ataupun apotek.

Pasalnya, baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), telah resmi melarang dan menarik  beberapa merk obat dari peredaran, karena terbukti terkontaminasi etilen glikol, yang melebihi ambang batas aman.

Diantaraya seperti Termorex Sirup (obat demam), Flurin DMP Sirup (obat flu dan batuk), Unibebi Cough Sirup (obat flu dan batuk), Unibebi Demam Sirup (obat demam), serta Unibebi Demam Drops (obat demam). [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS