Tuban Urutan ke 5 Kabupaten Miskin di Jawa Timur? Ini yang Dilakukan Pemkab

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dari data tahun 2021, Kabupaten Tuban masih menjadi Kabupaten dengan angka kemiskinan cukup tinggi di Jawa Timur.

Dari data per Maret 2021 Kabupaten Tuban menduduki posisi ke 5 di Jawa Timur, dengan angka kemiskinan 16,31 persen.

“Per Maret 2021, angka kemiskinan di Kabupaten tuban  16,31 persen,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak serta Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos P3A dan PMD) Kabupaten Tuban, Eko Julianto kepada blokTuban, Jumat (21/10/2022).

Baca juga: Program Rutin Tahunan Renovasi RTLH dan MCK Sehat Tahun 2022 PT TPPI Capai 60 Persen

Sedangkan untuk hasil data di Tahun 2022, data angka kemiskinan di Kabupaten Tuban, belum dipublis. Tapi data di Jawa Timur sudah dipublish dan berita bagusnya Jawa Timur mengalami penurunan angka kemiskinan 1,2% di angka 340.000 an.

Dan ini merupakan penurunan terbesar di Indonesia. Dengan angka penurunan yang cukup signifikan tersebut, Eko juga berharap agar Kabupaten Tuban ikut menyumbang  angka penurunan kemiskinan yang cukup besar juga.

“Jawa Timur mengalami angka penurunan terbesar di Indonesia, semoga Kabupaten Tuban  menyumbang cukup banyak,” tambahnya.

Dari Pemkab Tuban dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  ditargetkan angka kemiskinan  menjadi angka 15 persen.

Baca juga: 5.740 Warga Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan Dapat Bantuan listrik Gratis

Upaya penanganan yang dilakaukan Pemkab seperti verifikasi dan validasi data (verval), baik melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)ataupun non DTKS. Dengan harapan bisa menyisir masyarakat yang  miskin tidak masuk data, ataupun yang masuk data tapi tidak miskin.

Untuk dana penanganan kemiskinan sendiri, Pemkab Tuban mengalokasikan dana mencapai Rp20 miliar yang berupa bantuan langsung tunai maupun berbagai bantuan lainnya. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS