Jadi Makanan Legend Khas Tuban, Begini Cara Membuat Becek Mentok

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Becek mentok atau entok merupakan salah satu makanan khas yang ada di Bumi Wali, maka tak heran jika makanan bersantan ini banyak diburu, para pendatang dari luar Kabupaten Tuban.

Kendati jenis makanan satu ini terbilang legendaris, namun makanan berbahan utama daging mentok, yang dimasak dengan berbagai bahan rempah-rempah ini, tidak ada yang bisa menolak kelezatannya.

Namun siapa sangka, untuk membuat makanan istimewa ini rupanya tidak serumit yang dibayangkan. Salah seorang penjual becek mentok di Kawasan Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Kasti mengatakan  jika bumbu-bumbu yang perlu disiapkan untuk membuat becek mentok juga sangat mudah.

Baca juga: 

“Bumbu-bumbunya biasa seperti masakan umumnya, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, kencur, sereh, ketumbar, merica, pala, jinten, daun jeruk dan kemiri,” paparnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Sabtu (22/10/2022).

Setelah bumbu-bumbu yang dibutuhkan sudah disiapkan, maka langkah pertama yang dilakukan ialah, merebus daging mentok yang sudah dipotong sesuai selera.

Sambil menunggu daging mentok selesai direbus, untuk mempersingkat waktu maka sambil menghaluskan berbagai bumbu yang telah disiapkan sebelumnya, dengan menggunakan blender atau cooper.

“Biar dagingnya bisa empuk biasanya ada tekniknya sendiri, pas mau merebus daging itu harusnya dimasukkan pada waktu air sudah mendidih. Terus bumbunya tadi diblender dan digoreng sampai harum baru masukkan daun jeruk,” bebernya.

Baca juga: 

Selanjutnya, bumbu yang sudah disangrai sampai harus tersebut, dimasukkan ke dalam rebusan daging mentok. Untuk menambah cita rasa masakan, maka masukkan garam, kaldu bubuk, dan gula sesuai selera. Setelah itu, rebus dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, untuk menambah tekstur empuk pada daging.

“Setelah 15 menit baru masukkan santan kelapa, ke dalam adonan kuah dan aduk sampai merata, sesudah merata barulah kompor dimatikan dan becek mentok sudah jadi,” ujarnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS