Bacaan Doa Berwudhu dan Setelahnya, Arab Latin dan Artinya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Salah satu syarat wajib ketika hendak menunaikan ibadah sholat adalah berwudhu. Berikut ini bacaan doa berwudhu dan setelah berwudhu.

Seperti dilansir dari Nu Online, bersadarkan Al-Lu'lu' wal Marjan karangan Muhammad Fuad Abdul Baqi, berikut bacaan doa wudhu:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa.

Artinya:"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu karena Allah".

Sementara itu, dikutip dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi menggambarkan berwudhu selain proses membersihkan diri secara lahiriah, juga merupakan upaya mensucikan diri secara spiritual.

Bacaan doa setelah berwudhu: 

  أَشْهَدُ أَنْ لَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ 

Asyhadu allâ ilâha illallâhu waḫdahû lâ syarîka lahu wa asyhadu anna muḫammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnî minal mutathahhirîn(a) 

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih)." 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS