4 Rahasia Mudah Agar Rambut Sehat Terawat

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Rambut adalah bagian tubuh manusia yang kerap mendapat perhatian lebih. Tidak jarang seseorang rela mengeluarkan budget lebih untuk perawatan rambut.

Namun yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana menjaga rambut seindah mungkin. Tapi sekaligus memiliki rambut yang sehat pula.

Sebab rambut yang tidak sehat menjadi tanda bahwa kulit kepala sedang mengalami masalah. Terlebih jika rambut sampai rusak atau rontok.

Nah barikut ini langkah yang dapat dilakukan agar kulit kepala dan rambut tetap sehat dnan terawat indah. Simak tips selengkapnya.

1. Keramas secara teratur

Keramas atau proses mencuci rambut menggunakan shampo adalah langkah mudah untuk merawat rambut.

Namun keramas tidak boleh dilakukan setiap hari. Sebab rambut atau kulit kepala akan kehilangan minyak alaminya.

Idealnya keramas dapat dilakukan 3 sampai 4 kali semingu. JIka lebih sering dari pada itu akan menyebabkan kekeringan kulit kepala.

2.Menjaga kelembaban kulit kepala

Kelembaban kulit kepala ini bertujuan untuk menjaga agar tidak mudah kering. Sebab kulit kepala pun butuh terhidrasi dengan baik.

Beberapa jenis minyak alami yang bisa digunakna untuk mengolesi kulit kepala diantaranya minyak almond, minyak kemiri, minyak kelapa, minyak jarak dan minyak zaitun.

Bayangkan apabila kulit kepala kering. Selain menyebabkan area kepala kering, rambut juga ikut kering.

3.  Massage kulit kepala

Massage atau pijat ini dapat pula dilakukan untuk merelaksasi kulit kepala. Pijatan-pijatan ringan akan membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Sentuhan pada kulit kepala yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan helai rambut yang bagus. Caranya dengan memijat menggunakan teknik melingkar secara benar dengan durasi waktu beberapa menit saja.

Pijatan seperti ini bisa kamu lakukan kapan saja, baik saat rambut Anda dalam keadaan kering maupun basah.

4.  Mengkonsumsi vitamin dan mineral

Merawat sesuatu yang berkaitan dengan organ tubuh tidak hanya bisa mengandalkan dari luar saja.

Seperti merawat rambut, kesehatan rambut berkaitan dengan kondisi si empunya tubuh tentunya. Seperti ketika tubuh kekurangan mineral dan vitamin akan berdampak pada kondisi rambut seseorang.

Dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral, asupan dalam tubuh terpenuhi. Alhasil rambut yang tumbuh lebat dan sehat akan memancarkan keindahan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Demikian tips menjaga kesehatan rambut yang mudah dilakukan. Semoga bermanfaat.(Suara.com)

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS