Sambut Tahun Baru Islam 1444 H, Pemkab Tuban Gelar Zahra Fest 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka menyambut datangnya tahun baru islam 1444 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar serangkaian kegiatan dalam Zahra Fest atau Bazar Muharram Festival 2022 yang diadakan di alun-alun Kabupaten Tuban. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban, Aditya Halindra Fridzky, Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana, Jajaran Forkpimda Kabupaten Tuban, Pimpinan OPD terkait serta Forkopimcam Se- Kabupaten Tuban. 

Pada kesempatan tersebut, ribuan masyarakat Bumi Wali juga melakukan pawai ta’aruf pada Jumat (29/7/2022). Kegiatan pawai tersebut diikuti oleh lembaga pendidikan islam se Kabupaten Tuban. 

Para peserta diarak mulai dari Jalan Kartini, hingga sampai ke alun-alun Tuban. Dari pantauan di lokasi, anak-anak dan juga peserta dewa lainnya juga terlihat larut dalam moment pawai tersebut, dengan memakai seragam berwarna putih dan bersarung bagi peserta laki-laki, sedangkan peserta perempuan memakai seragam putih dan didominasi jilbab berwarna hitam dan putih. 

Kabag Pemerintahan dan Kesra Sekda Tuban, Joko Purnomo mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tujuan.

“Seperti menyemarakkan tahun baru islam, syiar agama untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, wadah silaturahmi antara Mas Bupati Tuban dengan warga masyarakat Kabupaten Tuban,” terangnya.

Selain pawai ta’aruf, pawai yang diikuti oleh ribuan masyarakat Tuban itu juga turut mengadakan One Pesantren One Produk (OPO) dengan diikuti sekitar 16 Pondok Pesantren di Kabupaten Tuban. 

“Diikuti juga oleh UMKM berjumlah 22 yang ada di Kabupaten Tuban,  kemudian besok di Alun-alun akan dilaksanakan ngaji kebangsaan,” paparnya.

Lebih lanjut, Joko sapaan akrabnya juga menambahkan jika seluruh kegiatan tersebut didanai oleh APBD Kabupaten Tuban Tahun 2022 pada bagian Tata Pemerintahan dan Kesra.[Sav/Dwi] 

 

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS