Penghujung Bulan Juli, Pembeli Bendera Merah Putih di Tuban Masih Sepi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada minggu akhir bulan Juli 2022, di Kabupaten Tuban mulai marak penjual bendera merah putih yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Selain bendera merah putih, para pedagang tersebut juga menjual berbagai jenis bendera lainnya, seperti umbul-umbul, layur, background, pandir serta berrbagai perlengkapan HUT RI lainnya. 

Maraknya penjual tersebut, salah satunya bisa dilihat di sepanjang Jalan Basuki Rahmad Tuban. kendati saat ini kasus Covid-19 sudah melandai, namun hingga akhir bulan Juli ini pembeli bendera masih cenderung sepi. 

Salah seorang pedagang bendera merah putih, Edi ini misalnya, sejak tiga hari menjajakan lapak, setiap harinya hanya ada 1-2 orang masyarakat saja yang datang untuk membeli. 

“Baru jualan tiga hari kemarin baru nyampai, sudah ada yang laku tapi cuma sedikit-sedikit, paling 1-2 saja belum besar. Kalau biasanya yang banyak itu borongan, misal satu kampung kembar semua bisa 60-70 bendera, kalau ada karnaval memang lumayan,” terangnya

Adapun harga yang ditawarkan oleh pria 48 tahun ini juga sangat bervariasi, tergantung jenis, kualitas dan ukuran dari bendera itu sendiri mulai dari Rp30 ribu hingga Rp80 ribu. menurutnya, pada tahun ini, pembeli banyak yang mencari bendera yang berukuran kecil untuk diletakkan di motor atau mobil pribadinya. 

“Tapi kalau sekarang kebanyakan yang nanya itu yang kecil-kecil buat di mobil atau di motor gitu, harganya murah Rp10 ribu, kadang-kadang Rp15 ribu lah dua, perhubung barangnya nggak ada. Jualannya sampai jam 5,” katanya. 

Senada dengan Edi, penjual bendera lainnya, Tomo mengaku jika penjualan bendera di akhir bulan Juli ini masih cenderung sepi. Sejak satu minggu lalu, dalam sehari ia menjual bendera 1 hingga 10 buah saja. 

Adapun harga yang ditawarkan oleh pria asal Surabaya ini juga bervariasi seperti umbul-umbul ukuran besar dibandrol dengan harga Rp190 ribu, dan yang ukuran sedang sekitar Rp90 hingga 95 ribu. sedangkan bendera merah putih dijual dengan kisaran harga Rp15 sampai 150 ribu. 

”Tergantung ukuran dan macamnya, besar kecilnya itu juga mempengaruhi. Kan kainnya lebih banyak kalau besar itu,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS