Bebankan Madrasah Bayar Iuran Pendaftaran, Kemenag Tuban Keberatan dengan Bupati Cup

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Kementerian Agama Kabupaten Tuban merasa keberatan dengan adanya Bupati Cup, kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Tuban ini dirasa memberatkan para madrasah karena ada iuran pendaftaran.

Dalam pelaksanaan Bupati Cup ternyata terdapat uang pendaftaran yang cukup membebani para sekolahan uang pendaftaran dengan nominal Rp250 ribu untuk tingkat SD/MI sedangkan Rp500 ribu untuk tingkat SMP/MTs.

Umi Kulsum selaku Kasi Pendidikan Diniah Kementrian Agama Tuban merasa heran tentang adanya uang pendaftaran tersebut ia mengetahui dari laporan  pengawas saat kegiatan di Bangilan, menurutnya jika memang hal tersebut memberatkan ya gak usah di ikuti.  

Terkait: Biaya Pelaksanaan Bupati Cup Ditanggung Sekolah? Ini kata Disdik Tuban

“Memang  di awal dalam juknisnya tidak ada masalah pembayaran, Kemenag mengiranya ya gratis kalau tahu seperti ini ya Kemenag juga akan merasa keberatan, dan jika memang memberatkan ya gak usah diikuti,” ucap Umi Kulsum Kasi Pendidikan Diniah Kemenag Tuban melalui sambungan telepon pada Sabtu (23/07/2022).

Menurutnya juga kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah  harusnya anggaran dana dianggarkan oleh pemerintah daerah bukan membebani lembaga apalagi madrasah.

Kemenag Tuban juga heran dengan pelaksanana Bupati Cup kali ini. Karena di beberapa kecaatan seperti Widang dan Singgahan ternyata gratis tidak ada biaya pendaftaran apa pun. Kemenag juga akan menindak lanjuti terkait hal ini karena pada dasarnya merupakan sebuah kegiatan dari Pemkab Tuban dan tidak melibatkan Kemenag di dalamnya melainkan hanya dihimabau agar ikut memerihkan acara tersebut.[nur/dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id2