Telan Dana Anggaran Rp2,7 Milyar, Enam Wilayah di Tuban Akan Dipasang Lampu PJU

Reporter       : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Proyek pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) akan segera dilakukan pekan depan pada enam wilayah di Kabupaten Tuban  yang minim penerangan. 

Menurut Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLH Hub), Sumarno, jika proyek pemasangan lampu PJU tersebut diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp2.750.000.000.00.

"Rencananya pekerjaan di lapangan dimulai Minggu depan ini,  yang sedang kami kerjakan ini anggarannya sekitar Rp2.750.000.000.00," terangnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Rabu (20/7/2022). 

Keenam wilayah tersebut kemudian diurai oleh Marno sapaan akrabnya, menurutnya rencana pemasangan itu akan dilakukan di 30 titik  wilayah Bancar-Simorejo, Widang. Ruas jalan Pliwetan-Compreng 32 titik, ruas jalan Penidon - Plumpang 32 titik. 

Selain itu, pengerjaan juga akan dilakukan di ruas jalan Grabagan-Rengel 32 titik, ruas jalan Senori-Banyuurip 30 titik, Desa Sumber Merakurak-Desa Senori Merakurak 11 Titik, Desa Winong-Margomulyo, Kerek 7 titik, Desa Sukosari-Simpang 4 Sandingrowo 10 titik. Ruas jalan Rembes-Pucangan, Palang 12 titik, ruas jalan Desa Kunir-Desa Sidodadi, Plumpang 6 titik, dan ruas jalan Banjarejo, Bancar 20 titik.

Dari data yang dihimpun oleh blokTuban.com, proses pemasangan PJU tersebut dikerjakan oleh perusahaan yang berbeda-beda. Seperti halnya proyek di jalan Desa Pliwetan-Compreng, Widang yang akan dikerjakan oleh CV. Bolo Sewu Energy, jalan Desa Plumpang-Penidon dikerjakan oleh CV. Raditya Anugrah. 

Sedangkan proyek di jalan Banjar-Simorejo, Widang akan digarap oleh PT. Kaisar Putra Perkasa, sedangkan untuk jalan poros Kecamatan Rengel-Grabagan dipegang oleh CV. DM Jaya, jalan Desa Senori-Banyuurip dikejakan CV. Raditya Anugerah dan jalan Desa Kecamatan Banjar dikerjakan oleh CV. DM Jaya. 

Lebih lanjut, dengan adanya pemasangan lampu PJU di beberapa wilayah tersebut, maka Marno berharap agar kedepannya secara perlahan seluruh ruas jalan di Kabupaten Tuban bisa lebih terang dari yang sebelumnya dan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat sekitar. 

"Harapan kami dengan pemasangan LPJU ini ruas jalan yang da di Tuban perlahan-lahan (menyesuaikan anggaran yang ada) akan terasa terang benderang di malam hari. Masyarakat Tuban juga akan merasakan hasilnya, sehingga bisa meningkatkan perekonomian rakyat di Kabupaten Tuban," tutupnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS