Cara Daftar Prakerja Gelombang 36! Buruan 'Gabung Gelombang' Jangan Lupa Penuhi Syaratnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hingga saat ini kalian belum lolos Kartu Prakerja? Jangan risau, gelombang 36 tahun 2022 telah dibuka. Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja dan syrat yang harus dipenuhi.

Prakerja ini oleh pemerintah pusat dimaksudkan sebagai bantuan sosial. Dimana hingga saat ini masih berjalan sama seperti tahun sebelumnya. Peserta bakal mendapat pelatihan persiapan kerja dan insentif yang diberikan oleh pemerintah.

"Tepat pukul 12.00 WIB hari ini (10/7/2022) pendaftaran Gelombang 36 sudah dibuka loh... Langsung klik 'Gabung Gelombang' sekarang juga!!!," keterangan tertulis akun instagram Prakerja yang dikutip, Senin (11/7/2022).

Setiap momen pendaftaran Kartu Prakerja tidak diberikan waktu lama. Pendafataran biasanya hanya hitungan hari sebab kuota terbatas setiap sesinya.

Maka dari itu, sebelum pendaftaran ditutup segera daftarkan diri kalian agar tidak terlewat.

Sebelum mendaftar, mengutip dari prakerja.go.id sebaiknya baca syarat berikut ini:

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Jika kalian sudah memahami dan memenuhi syarat di atas, selanjutnya adalah mendaftar dengan panduan berikut ini:

1. Kunjungi situs ini https://www.prakerja.go.id  

2. Klik  “daftar sekarang” (Masukkan alamat e-mail aktif Anda beserta passwordnya)

3. Setelah itu, Admin Prakerja bakal mengirim pesan ke e-mail yang Anda masukkan tadi Buka pesan tersebut di e-mail Anda untuk memverifikasi akun Kartu Prakerja 

4. Selanjutnya kalian tinggal mengikuti setiap arahan dari admin Prkerja, ikuti pelatihannya dan dapatkan insentifnya.[dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS