104 Tim Bertanding di Bupati Tuban Cup 2022, Rebut Hadiah Puluhan Juta

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kompetisi Bupati Tuban Cup tahun 2022 resmi dimulai dan dibuka langsung oleh Bupati Aditya Halindra Faridzky di Lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban, Selasa (17/5/2022). Ada 104 tim bola voli putra putri, bola basket putra putri, dan sepak takraw putra dan putri yang bertanding. Mereka memperebutkan hadiah puluhan juta. 

Sebagai penyelenggara acara, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata Kabupaten Tuban telah menyiapkan hadiah total Rp45 juta yang bersumber dari APBD Tuban 2022. 

"Dalam Bupati Tuban Cup ini mempertandingkan tiga cabor. Bola basket digelar pada 16-21 Mei 2022, bola voli pada 17-21 Mei 2022, dan sepak takraw pada 20-21 Mei 2022," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata Kabupaten Tuban, Emawan Putra kepada blokTuban.com disela pembukaan acara. 

Emawan menambahkan, bahwa semua peserta Bupati Tuban Cup merupakan penduduk asli Tuban yang dibuktikan dengan KTP pada saat pendaftaran. Untuk peserta Bola Voli dan Bola Basket dibatasi usianya maksimal 18 tahun. Sedangkan khusus sepak takraw tidak dibatasi usianya dan boleh dari klub di Tuban. 

Data peserta yang dimiliki panitia, bahwa bola voli yang mendaftar ada 43 tim, bola basket 14 tim, dan sepak takraw ada 47 tim. Emawan juga menegaskan, khusus penilaian bola basket menggunakan sistem setengah kompetisi. 

"Kompetisi Bupati Tuban Cup ini digelar untuk pembinaan dan pengkaderan bibit atlet potensial. Harapannya semakin banyak ruang bertanding, mereka para atlet dapat tampil di ajang nasional maupun internasional," imbuh mantan pejabat di Inspektorat Tuban itu. 

Tak hanya Bupati Tuban Cup saja, Emawan juga menambahkan, bahwa di bulan Juni mendatang Pemkab akan bekerjasama dengan KKGO SD, SMP, dan SMA. Di mana dalam ajang tersebut akan dipertandingkan lebih dari 10 cabor. 

"Kompetisi rutin dan sistematis ini kami fokuskan mendidik atlet supaya menorehkan prestasi untuk Tuban," katanya. 

Sementara itu, kompetisi olahraga di bulan Juni mendatang diharapkan Bupati Tuban, Lindra diikuti oleh siswa dan masyarakat umum. Rencananya ada 10 cabor yang dipertandingan seperti, sepakbola, futsal, sepak takraw, atletik dan lain sebagainya. 

"Kemudian pada bulan Oktober sampai Desember, Pemkab akan mempertandingkan 24 Cabor se-Kabupaten Tuban mulai dari tingkat desa, SD, SMP, SMA. Ini wujud Pemkab memberikan ruang dan wadah bagi para atlet untuk berprestasi," tutupnya. [Ali]