11:00 . Langkah Membuat Instafest Spotify, Nikmati Festival Musik di Handphone   |   10:00 . Petugas BNNK Tuban Kembali Razia Gang Sadar, Pelaku Larikan Diri Tinggalkan 18 Butir Carnophen   |   09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Musim Haji Tahun Depan, Ini Doa Menag

bloktuban.com | Saturday, 07 May 2022 09:44

Musim Haji Tahun Depan, Ini Doa Menag

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Untuk musim hajibtahun depan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap diberlakukan tanpa ada pembatasan usia.


Hal tersebut disampaikan di hadapan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Kabag TU, beberapa Kepala Bidang dan beberapa Kepala Kemenag kabupaten/kota se-Jawa Timur termasuk Kabupaten Tuban.


"Terkait dengan masalah haji kami sudah melakukan pendekatan dengan kerajaan Saudi, agar pembatasan usia 65 diberlakukan hanya tahun ini saja. Untuk tahun berikutnya semoga sudah diberlakukan normal, tanpa ada batasan usia," ujar Gus Men Jumat malam (06/05/2022) di kediamanya, Rembang Jawa Tengah.


Selain itu Gus Menteri juga berupaya melakukan pendekatan dengan Menteri Perhubungan, untuk embarkasi Surabaya agar tetap melakukan penerbangan dari bandara Juanda.


"Saat ini bandara internasional Juanda sedang dalam perbaikan, semoga tidak usah transit ke Jakarta, kemudian baru ke Saudi," tambahnya.


Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram berharap semoga upaya pendekatan yang dilakukan oleh Gus Men membuahkan hasil.


"Semoga upaya pendekatan ini berhasil, karena ini sangat mempengaruhi jemaah baik dari segi tenaga, keuangan dan kesehatan," harapnya.


Pria kalem ini menambahkan untuk batas usia sudah menjadi keputusan kerajaan Saudi Arabia, bagi yang lahir 1 Juli 1947 bisa berangkat dan bagi yang lahir 30 Juni 1947 otomatis akan tertolak oleh sistem.


Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim, Abdul Haris mengatakan dibukanya kembali ibadah haji untuk Indonesia khususnya Jawa Timur adalah hal yang sangat menggembirakan.


"Namun ada titik-titik krusial, yaitu batasan usia, batasan jumlah, tidak ada penggabungan dan injury time," ujarnya.


Pria berkacamata ini menambahkan perjuangan haji tahun ini terletak pada injury time.


"Biasa pada bulan Syawal sudah clear semua tapi sampai saat ini masih dalam tahap persiapan, kami dari PHU setiap hari melakukan rapat dan progres," ujarnya.


Di antara progres yang sudah dilakukan adalah data jemaah yang sudah fix di Jawa Timur, sudah pelunasan, dan ada persiapan tes petugas daerah nanti tanggal 12 Mei.


"Ada hal yang patut kita cermati akan ada tes PCR bagi jemaah, kalau kita tidak sigap akan ada banyak open seat pemberangkatan dan ini akan mengganggu keuangan penyelenggaraan haji tahun ini," ungkap dia.


Karena itu akan diupayakan ada penyangga, pcr ttp dilakukan menjelang pemberangkatan dan biaya sudah ditanggung oleh pemerintah.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Munir usai acara mengatakan pihaknya sangat berharap upaya yang sudah dilakukan oleh Kementerian Agama bisa membawa dampak positif bagi jemaah.


"Saya harap calon jemaah haji kabupaten Tuban yang akan berangkat tetap menjaga kesehatan, bagi yang belum tetep bersabar," pungkasnya.[ono]

Tag : haji, menag, kemenag, jemaah haji, menteri agama, gus menteri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat