22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Renyahnya Olahan Kripik Pelepah Pisang, Yuk Intip Cara Pembuatannya

bloktuban.com | Sunday, 17 April 2022 14:00

Renyahnya Olahan Kripik Pelepah Pisang, Yuk Intip Cara Pembuatannya Beberapa ibu rumah tangga sedang membuat keripik dari pelepah pisang. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pohon pisang merupakan salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat. Bagaimana tidak, selain rasa buahnya yang manis dan memiliki banyak khasiat, ternyata hampir seluruh bagian pohon pisang dapat dimanfaatkan keberadaannya. 

Mulai dari daun pisang, pelepah pisang, hingga akar dari pohon itu sendiri. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mengolah pohon pisang agar memiliki nilai jual. salah satunya Elis Nurhayati, salah satu pengusaha makanan yang berasal dari Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Minggu (17/4/2022). 

Berkat jerih payahnya selama ini, ia berhasil menikmati renyahnya usaha makanan yang diolahnya dari satu pohon pisang. Kepada blokTuban.com, Elis membeberkan jika proses pembuatan kripik gedebog pisang (gesang) harus melalui beberapa tahapan. 

Pertama, dalam proses tersebut harus mengupas kulit batang pisang hingga lima lapis. Setelah kulit pelepah pisang lapis kelima, barulah pelepah pisang siap memasuki tahap selanjutnya yaitu proses pemotongan. 

Dalam proses pemotongan ini, pelepah pisang diiris tipis-tipis berbentuk persegi. Selanjutnya, jika seluruh pelepah pisang tepotong dengan rapi maka tahap setelah itu ialah merendamnya menggunakan air garam untuk menghilangkan rasa asam yang diperoleh dari getah pohon pisang. 

“Karena dengan direndam pakai air kapur selama satu hari satu malam secara otomatis getahnya tuntas sendiri. Proses perendamannya setelah diiris,” ungkapnya kepada blokTuban.com. 

Setelah direndam sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, barulah memasuki tahap berikutnya yaitu proses penggorengan. Sebelum pelepah pisang tersebut digoreng, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah mencelupkannya ke dalam adonan tepung.

Dalam proses ini maka hendaknya menggoreng dengan kondisi minyak yang benar-benar sudah panas dan menggunakan api yang sedang. Sesudah kripik bewarna sedikit kecoklatan, barulah ia siap untuk diangkat dan ditiriskan. [Sav/Ali]

 

Tag : keripik pisang, snack, bisnis kekinian, bisnis Tuban, kuliner



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat