20:00 . 1 Desember 2022 Hari AIDS Sedunia, ODHA Kerap Hadapi Stigma Buruk Masyarakat   |   19:00 . Segini Jumlah Sopir Angkutan dan Ojol Tuban yang Terdaftar BLT BBM   |   18:00 . Harga Telur di Tuban Tembus Rp30 ribu Per Kilogram, Pemicunya BPNT dan PKH Cair   |   17:00 . Melalui Sekoah Binaan, PT UTSG Kembangkan Program Penghijauan (PRANARAKSA) di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   16:00 . Pusat Belajar Guru Tuban Pamerkan 40 Karya Guru Berbagai Jenjang   |   15:00 . Lantik Pengurus Cabang SH Terate Tuban, Ketum PSHT Serukan Jauhi Narkoba   |   14:00 . PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja 6 Formasi di Klinik Kecantikan Cabang Tuban- Bojonegoro   |   12:00 . Santri Kaya Tidak Berdosa   |   11:00 . Jadwal Tanding Piala Dunia 2022 Qatar Malam Ini 1-2 Desember 2022, Ada Jerman dan Spanyol   |   10:00 . Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi   |   09:00 . Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban   |   08:00 . Dok!..Dana Bantuan Parpol Tuban Jadi Rp5 Ribu per Suara di 2023   |   07:00 . Ciptakan Sipinter, Mahasiswa PEM Akamigas Raih Emas di IWA 2022   |   06:00 . Kali Kening Meluap, Ratusan Rumah Warga di Tuban Terendam Banjir   |  
Thu, 01 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Renyahnya Olahan Kripik Pelepah Pisang, Yuk Intip Cara Pembuatannya

bloktuban.com | Sunday, 17 April 2022 14:00

Renyahnya Olahan Kripik Pelepah Pisang, Yuk Intip Cara Pembuatannya Beberapa ibu rumah tangga sedang membuat keripik dari pelepah pisang. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pohon pisang merupakan salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat. Bagaimana tidak, selain rasa buahnya yang manis dan memiliki banyak khasiat, ternyata hampir seluruh bagian pohon pisang dapat dimanfaatkan keberadaannya. 

Mulai dari daun pisang, pelepah pisang, hingga akar dari pohon itu sendiri. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mengolah pohon pisang agar memiliki nilai jual. salah satunya Elis Nurhayati, salah satu pengusaha makanan yang berasal dari Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Minggu (17/4/2022). 

Berkat jerih payahnya selama ini, ia berhasil menikmati renyahnya usaha makanan yang diolahnya dari satu pohon pisang. Kepada blokTuban.com, Elis membeberkan jika proses pembuatan kripik gedebog pisang (gesang) harus melalui beberapa tahapan. 

Pertama, dalam proses tersebut harus mengupas kulit batang pisang hingga lima lapis. Setelah kulit pelepah pisang lapis kelima, barulah pelepah pisang siap memasuki tahap selanjutnya yaitu proses pemotongan. 

Dalam proses pemotongan ini, pelepah pisang diiris tipis-tipis berbentuk persegi. Selanjutnya, jika seluruh pelepah pisang tepotong dengan rapi maka tahap setelah itu ialah merendamnya menggunakan air garam untuk menghilangkan rasa asam yang diperoleh dari getah pohon pisang. 

“Karena dengan direndam pakai air kapur selama satu hari satu malam secara otomatis getahnya tuntas sendiri. Proses perendamannya setelah diiris,” ungkapnya kepada blokTuban.com. 

Setelah direndam sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, barulah memasuki tahap berikutnya yaitu proses penggorengan. Sebelum pelepah pisang tersebut digoreng, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah mencelupkannya ke dalam adonan tepung.

Dalam proses ini maka hendaknya menggoreng dengan kondisi minyak yang benar-benar sudah panas dan menggunakan api yang sedang. Sesudah kripik bewarna sedikit kecoklatan, barulah ia siap untuk diangkat dan ditiriskan. [Sav/Ali]

 

Tag : keripik pisang, snack, bisnis kekinian, bisnis Tuban, kuliner



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat